Pentolan KIB Ngumpul Malam Ini, Ketum PAN Bocorkan Agenda yang Dibahas

Ketum PAN Zulkifli Hasan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Jojon

VIVA – Pimpinan partai politik atau parpol Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan berkumpul Sabtu malam ini di pelataran Hutan Kota, Senayan. Koalisi parpol yang diinisiasi Golkar, PAN, dan PPP itu ngumpul dengan tajuk silaturahmi nasional.

Khofifah Klaim Dapat Dukungan 4 Parpol untuk Maju Pilgub Jatim

Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas menyampaikan dalam acara nanti, masing-masing ketum parpol akan beri pidato politik. Dia mengatakan kegiatan silaturahmi nasional itu sebagai ikhtiar parpol KIB untuk menunjukkan tradisi politik yang baru. 

Dia menekankan biasanya koalisi terbentuk setelah ada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Namun, berbeda dengan KIB yang justru koalisi terbentuk sebelum pasangan capres-cawapres ada.

Sekda Supian Suri Datangi DPD PAN untuk Maju Jadi Wali Kota Depok

"Berbeda kini di koalisi yang kami bentuk ini, koalisi justru dipersiapkan untuk menjadi platform terbuka yang bisa menarik berbagai kepentingan untuk disatukan menuju tujuan bersama," kata Zulhas, dalam keterangannya, yang dikutip pada Sabtu, 4 Juni 2022.

Airlangga Hartarto, Suharso Monoarfa, dan Zulkifli Hasan saat bertemu di Jakarta

Photo :
  • Istimewa.
Golkar Tetap Optimis Meski Elektabilitas Ahmed Zaki Masih Rendah di Bursa Cagub DKI

Baca Juga: Petinggi KIB Segera Bertemu Bahas Capres, Anies-Ganjar Masuk Radar

Dia juga menambahkan KIB disatukan gagasan. Kata dia, KIB mengedepankan politik gagasan, politik yang mengarusutamakan ide dan nilai-nilai.

Menurut dia, Pilpres 2024 harus dihadapi dengan proses politik yang lebih bermoral, tengahan, elegan. Ia menekankan, komunikasi antar semua elemen, antar partai politik, antar elite, harus dikerjakan dengan prinsip kesetaraan, saling merangkul.

"Mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi-pribadi dan golongan," tutur Zulhas.

Pun, terkait pidato politiknya, ia akan menyampaikan tema yang sudah disiapkan terkait koalisi dari ide, tujuan bersama, dan kepentingan untuk bangsa dan negara. “Makanya koalisi ini bersifat egaliter, setara, sistemnya kolektif kolegial," sebutnya.

Rencananya, dalam agenda silaturahim ini dihadiri juga oleh pengurus harian DPP masing-masing parpol. Selain itu, ada juga tokoh senior dari setiap parpol. 

Kemudian, juga akan dilakukan pula penandatanganan kesepakatan antar parpol yang disaksikan 34 pimpinan DPD/DPW tingkat provinsi masing-masing partai. Koalisi ini akan dilanjutkan ke level wilayah untuk diimplementasikan hingga Pileg dan Pilpres 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya