Survei: Ridwan Kamil Paling Kontributif Jika Jadi Cawapres

Ridwan Kamil
Ridwan Kamil
Sumber :
  • Instagram @ataliapr

VIVA Politik – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil disebut sebagai bakal Calon Wakil Presiden (cawapres) yang kontributif. Hal ini dikarenakan Kang Emil, sapaan akrabnya mampu mendongkrak elektabilitas pasangan dalam kontestasi pemilihan presiden (pilpres).

Founder CiGMark, Setia Darma mengatakan pihaknya menilai Kang Emil mampu mendongkrak elektabilitas berdasarkan simulasi dengan sejumlah nama bakal calon presiden.

"Dalam simulasi tiga pasangan maupun dua pasangan juga menunjukkan, Ridwan Kamil merupakan sosok cawapres yang paling kontributif dalam mendongkrak elektabilitas pasangan," ujar Darma dalam konferensi pers, Selasa, 5 Juli 2022.

Dalam simulasi, pasangan Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil mampu meraih elektabilitas 38,1%. Mengalahkan Prabowo Subianto - Erick Tohir 23,3% dan Anies Baswedan dengan Agus Harimurti Yudhoyono 22,1% dengan undecided (pemilih yang belum memutuskan pilihan) sebesar 16,5%.

"Kemudian, saat Ridwan Kamil diposisikan sebagai wakilnya Prabowo subianto, pasangan ini juga unggul dari pasangan lainnya. Dimana pasangan Prabowo Subianto-Ridwan Kamil memperoleh dukungan 37,7%, Ganjar Pranowo - Puan Maharani 22,7% dan Anies Baswedan - Khofifah-Indar Parawangsa 19,6% dengan undecided 20,0%," sambungnya.

Nilai kontributif Ridwan Kamil juga makin terlihat saat dipasangkan sebagai calon wakil presiden untuk simulasi 2 pasangan. Dalam simulasi, Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil unggul saat melawan pasangan Prabowo Subianto-Anies Baswedan.

"Ganjar dan Ridwan Kamil mendapatkan dukungan 42,7% sementara lawannya Prabowo dan Anies meraih dukungan 37,0 persen dengan undecided 20,3%," jelas Darma.