Soal Video Zulkifli Hasan, Legislator PKS Singgung Money Politic

Mendag Zulhas Cek Harga Minyak Goreng Curah di Pasar Klender SS.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA – Anggota Komisi VI DPR RI, Amin Ak turut mengkritisi sikap Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas, yang menyisipkan kampanye politik pribadinya dalam acara pembagian minyak goreng curah gratis.

PKS Minta Anies Baswedan Pertimbangkan Peluang Sudirman Said Maju Pilkada Jakarta

Diketahui, Mendag Zulhas meminta warga memilih putrinya dalam pemilu nanti saat acara pembagian minyak goreng curah gratis di TelukBetung Timur, Bandar Lampung yang diselenggarakan PAN-SAR Murah, Sabtu, 9 Juli 2022.

Amin Ak menyebut, sebagai pejabat publik yang harusnya menjadi teladan bagi masyarakat, hal itu tidak etis dilakukan. Menurutnya, dari sudut pandang edukasi politik, apa yang dilakukan Zulhas tersebut juga tidak mendidik.

PKS Lempar Sinyal Bikin Poros Rival Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

"Meskipun tidak menggunakan uang atau fasilitas negara, karena munculnya ajakan untuk memilih, maka pemberian minyak goreng gratis tersebut bisa dianggap money politic," kata Amin kepada wartawan, Selasa, 12 Juli 2022.

Walau tampil sebagai Ketua Umum PAN, kata politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, jabatan yang diemban sebagai mendag sulit dipisahkan.

PKS: Kalau Anies Mau Maju Lagi di DKI Monggo tapi Kami Ingin Mengajukan Kader

"Sehingga apa yang dilakukan mendag tersebut sarat dengan konflik kepentingan. Apalagi misalnya, jika beliau pergi ke lokasi tersebut menggunakan fasilitas sebagai menteri," ujarnya.

Amin menyarankan, sebaiknya Zulhas fokus pada tugasnya sebagai mendag yang telah berjanji segera mewujudkan minyak goreng kemasan sederhana dengan harga HET Rp15.500 per kg dan memperbanyak pasokan sesuai jumlah yang dibutuhkan masyarakat yang berhak. 

"Berdasarkan data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) Kemendag, per hari ini, harga minyak goreng curah masih diatas HET yakni Rp16.750 per kg," imbuhnya.

Beredar sebuah video, Senin, 11 Juli 2022, Mendag Zulkifli membagikan minyak goreng 'Minyak Kita' secara gratis dalam acara PAN-SAR Murah di Telukbetung Timur, Bandar Lampung.

Dalam potongan video yang beredar, Zulhas yang juga Ketum PAN itu tampak disambut meriah oleh warga setempat. Adapun kedatangannya diketahui untuk meninjau kondisi harga minyak goreng di pasaran. 

Minyak goreng curah yang diperjualbelikan saat itu dengan harga Rp10.000 untuk 2 liter. Namun, Zulhas meminta warga yang datang untuk membeli tak perlu membayar. Sebab minyak tersebut akan dibayar oleh anaknya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya