DPR Anggap Azyumardi Azra sebagai Penyangga Dunia Pers

Politikus Golkar Christina Aryani
Sumber :
  • VIVAnews/Eka Permadi

VIVA Politik – Anggota Komisi I DPR Christina Aryani mengatakan meninggalnya Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra adalah kehilangan besar bagi bangsa Indonesia. Menurut dia, Azyumardi memberikan banyak kontribusi bagi perjalanan bangsa.

Prabowo Lempar Guyon soal Pers: Kadang-kadang Kalian Meresahkan Pimpinan Politik

"Sebagai mitra Komisi I DPR RI, dalam posisi beliau sebagai Ketua Dewan Pers, kami merasakan juga hilangnya penyangga yang mampu memberi arah bagi dunia pers di Tanah Air," kata Christina melalui keterangannya pada Minggu, 18 September 2022.

Azyumardi, kata dia, sosok yang tenang, kritis, dan terdepan menyuarakan moderasi beragama, pluralisme, toleransi, keindonesiaan serta demokrasi yang dapat dilihat dari kiprahnya selama ini.

Respons KH Agus Salim saat Tahu Adiknya Masuk Katolik: Alhamdulillah

Ketua Dewan Pers RI Azyumardi Azra dan Ketua Dewan Pers Timor Leste Virgilio S.

Photo :
  • Istimewa

"Perjalanan Azyumardi Azra, yang pernah menjadi wartawan, pemimpin redaksi, dosen, penulis, hingga guru besar memberikan banyak kontribusi bagi perjalanan bangsa ini," ujar anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI itu.

Kisah Chalid Salim, Adik KH Agus Salim yang Memilih Agama Katolik

Mengenang sosok Azymardi Azra, Christina selalu teringat perhatiannya yang besar pada kerukunan beragama dan toleransi beragama di Indonesia yang menjadi fondasi hadirnya persatuan di negeri ini. Sikap saling respek dan toleransi terhadap perbedaan-perbedaan di antara berbagai agama adalah prinsip yang selalu dia gaungkan.

Ia menilai pluralisme bagi seorang Azyumardi bukan hanya antara satu agama dan agama lain melainkan juga dalam satu agama tertentu.

Azyumardi Azra

Photo :
  • Istimewa / Wikipedia

"Selamat jalan, Prof. Beristirahatlah dalam Damai. Terima kasih atas seluruh jasamu. Turut berduka mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan kekuatan, ketabahan dan penghiburan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya