Rocky Gerung: Kapan Terakhir ke Lapo Tuak? Ini Jawaban Luhut

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B Panjaitan dan Rocky Gerung
Sumber :
  • YouTube RGTV channel ID

VIVA Politik – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mendapat pertanyaan 'usil' saat menjadi bintang tamu podcast Rocky Gerung. Rocky membuka acara dengan menanyakan kapan terakhir kali Luhut menyambangi lapo tuak.

Terpopuler: Anggota Polri di Timnas U-23, Rocky Gerung Larang Anies Nyagub

Lapo tuak sendiri sejenis warung, layaknya Warung kopi yang menyediakan minuman khas, yakni tuak yang merupakan minuman beralkohol tradisi Batak yang terbuat dari nira kelapa atau aren yang diambil airnya. Biasanya memang menjadi tempat berkumpul termasuk berdiskusi dalam berbagai hal bagi orang batak.

"Saya mau tanya lebih awal, Pak Luhut terakhir ke lapo tuak kapan?" tanya Rocky Gerung dalam podcastnya GTV Channel ID, Selasa 20 September 2022.

Gugatan David Tobing Ditolak, Pengadilan Bebaskan Rocky Gerung Bicara di Berbagai Forum

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B Panjaitan

Photo :
  • YouTube RGTV channel ID

Mendapat pertanyaan itu, Luhut sembari tertawa menjawab bahwa dirinya mengakui sudah lama tak menyambangi lapok tuak. "Hahaha..baru tadi saya teks sama temen saya, saya mau ke lapo tuak minggu depan. Sudah lama saya tidak kesana," kata Luhut.

Kunjungan Terakhir PM Lee, Jokowi Sambut Baik Kerja Sama Pertahanan dengan Singapura

Rupanya pertanyaan ringan soal lapo tuak tersebut dijadikan Rocky Gerung sebagai pengantar terkait dengan identitas berbagai suku yang ada di Indonesia. Menurut Rocky, anggapan identitas etnis sebagai sesuatu yang berbahaya justru bisa dibingkai dalam persahabatan.

"Ya itu pertanda bahwa selalu ada indentitas yang tidak bisa dihindari yaitu indentitas etnis. Seperti pak Luhut orang Batak, lapo tuak itu sangat lekat dengan kehidupan suku batak. Sama seperti saya orang Manado, orang Ambon punya identitas," kata Rocky Gerung.

Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan.

Photo :
  • M Yudha P/VIVA.co.id

"Nah kita selalu menganggap identitas itu berbahaya padahal dalam keragaman identitas itu kita bisa bersahabat," lanjut Rocky.

Selanjutnya Rocky Gerung mempertanyakan mengenai proyeksi Luhut Binsar Pandjaitan terkait usaha Indonesia mewujudkan stabilitas, huru-hara ideologi berhenti dan sinisme antara kalangan berbeda juga dikendalikan sehingga usaha mengejar 2045 sebagai tahun emas dapat tercapai.

Luhut menjawab Rocky dengan runut. Memulai dengan peran para bapak pendiri atau founding fathers bangsa RI. Menurutnya, peran founding fathers sudah super arif dengan membuat konstitusi seperti melahirkan Pancasila hingga menyusun Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. 

Luhut juga menyampaikan harapannya agar negara RI lebih bagus ke depan dan ia juga merasa sangat yakin Indonesia akan bisa menyelesaikan setiap masalah-masalahnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya