Relawan Minta Surya Paloh Tetapkan Andika Perkasa Jadi Capres

Ketum Partai Nasdem Surya Paloh saat Rakernas 2022.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA Politik - Relawan pendukung Jenderal Andika Perkasa yang tergabung dalam Barisan Relawan Andika Perkasa (Bara API) menggelar aksi dukungan di depan gedung Tower Nasdem, Jakarta Pusat pada Kamis, 29 September 2022. Mereka meminta Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Surya Paloh agar segera menetapkan Andika Perkasa sebagai bakal capres 2024.

Gabung Prabowo-Gibran Sebagai Pilihan Baik, Surya Paloh: Ini Pilihan Saya, Pilihan Nasdem

"Aksi dukungan moral untuk Ketua Umum Bang Surya Paloh agar Partai Nasdem segera menetapkan nama Jenderal Andika Perkasa sebagai capres di pemilu 2024," kata Ketua Umum Pimpinan Nasional Bara API, Adi Kurniawan, dalam keterangannya, Jumat, 30 September 2022. 

Adi mengapresiasi Nasdem yang sudah merekomendasikan Andika Perkasa sebagai salah satu nama bakal capres 2024. Bagi dia, sosok Panglima TNI itu dengan rekam jejaknya layak diusung sebagai bakal capres. 

Surya Paloh Akui Berkontemplasi Lama Sebelum Putuskan Gabung ke Koalisi Prabowo

Dia menyampaikan alasan Nasdem yang mesti menetapkan Andika bukan Anies Baswedan atau Ganjar Pranowo. Menurutnya, RI sebagai negara kepulauan sudah saatnya kembali dipimpin sosok pemimpin berlatar belakang militer.

Baca Juga: Menebak Capres Nasdem Pilihan Surya Paloh 

Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Permasalahan Pemilu Sudah Selesai

Relawan Rakyat Andika Presiden Indonesia (Bara API).

Photo :
  • Istimewa

Beda dengan AHY

Adi menyebut selain paham strategi teritorial, sosok militer dianggap paham tentang cara menjaga persatuan dan kedaulatan negara. Ia menyebut Andika beda dengan tokoh berlatar belakang militer lainnya seperti Prabowo Subianto, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Gatot Nurmantyo. 

Menurutnya, Andika punya kelebihan yang tak dimiliki tiga tokoh militer tersebut. Salah satu keunggulan eks Kepala Staf TNI AD (KSAD) tersebut adalah pandai menjaga hubungan internasional. Pun, Andika juga dianggap tak pernah memicu kegaduhan apapun. 

"Beliau orang yang tidak pernah gaduh, punya kemampuan diplomasi yang baik dalam menjaga hubungan internasional. Beliau juga tidak memiliki cacat hukum sedikitpun," jelas Adi.

Lebih lanjut, ia berjanji akan terus perjuangkan Andika hingga dapat tiket capres dari partai politik terutama Nasdem. Sebab, Nasdem sudah merekomendasikan nama Andika sebagai salah satu bakal capres. 

Ketua Umum Nasdem Surya Paloh saat Rakernas Nasdem

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kata dia, pihaknya berencana akan kembali menggelar aksi serupa sampai 9 November 2022 sebelum pengumuman nama capres yang disampaikan Surya Paloh. Bahkan, ia klaim siap mengerahkan jumlah massa relawan Bara Api dalam aksinya nanti.

"Insya Allah sampai tanggal 9 November 2022 sebelum pengumuman. Minimal 1000 orang akan diturunkan di Depan Gedung Tower Nasdem," ujarnya.

Seperti diketahui, Nasdem merujuk hasil rakernas yang digelar pada Juni 2022 lalu merekomendasikan tiga nama sebagai bakal capres 2024. Tiga nama itu adalah Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Andika Perkasa.

Dari dinamikanya, elite Nasdem yang disuarakan Zulfan Lindan menyampaikan pihaknya kemungkinan besar mengumumkan Anies sebagai bakal capres 2024.  Namun, hal itu belum bisa dipastikan karena dinamika politik menuju 2024 masih cair.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya