Gus Halim Sebut Pesantren Lahirkan Banyak Pejuang Nahdlatul Ulama

Abdul Halim Iskandar saat hari peringatan Hari Santri Nasional.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengingatkan agar para santri bisa terus meningkatkan kapasitas keilmuan di berbagai bidang. Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan santri punya peranan penting sebagai generasi penerus ulama.

Menang Pilpres, Prabowo Sebut Butuh Dukungan NU untuk Bangun Bangsa

Menurut dia, santri mesti bisa mengisi ruang-ruang strategis dalam berbangsa dan bernegara. Pesan Gus Halim, sapaan akrabnya itu disampaikan saat peringatan 'Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022' di Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo, Jawa Timur.

"Saya mengajak kepada seluruh Santri untuk terus belajar, untuk terus berikhtiar maksimal. Prestasi kalian luar biasa, masa depan Indonesia tergantung pada Santri-santri kita semua, termasuk para Santri Nurul Jadid," kata Gus Halim, dalam keterangannya, Sabtu 22 Oktober 2022.

Cak Imin Titipkan 8 Agenda Perubahan ke Prabowo-Gibran, Apa Saja?

Dia mengatakan, pesantren sudah jadi bagian penting atas sejarah peradaban bangsa. Ia bilang pesantren telah melahirkan banyak pejuang Nahdlatul Ulama (NU) yang berkualitas.

Abdul Halim Iskandar saat hari peringatan Hari Santri Nasional.

Photo :
  • Istimewa
Ketua Nasdem Lucky Hakim Daftar Calon Bupati Indramayu di PKB
 

Maka itu, ia berharap agar kalangan santri dari alumni pesantren bisa terus mendamping masyarakat di setiap lapisan kehidupan. 

"Hari ini alumni-alumni Nurul Jadid itu merambah di seluruh sel kehidupan di Indonesia. Itu artinya, alumni Nurul Jadid memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk hidup di manapun. Dan, jadi pejuang Nahdlatul Ulama di manapun berada," jelas Halim.

Pun, dalam kesempatan itu, Gus Halim juga menyampaikan salam khidmat dari Panglima Santri, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Menurut dia, atas restu dan doa para ulama, Cak Imin didukung untuk jadi satu-satunya perwakilan santri yang akan mencalonkan sebagai Presiden di Pemilu 2024 . 

"Salam takzim dari panglima santri Gus Muhaimin Iskandar. Yang insya Allah adalah satu-satunya perwakilan santri se-Indonesia, atas restu dan amanah para kiai akan maju jadi calon Presiden 2024," ujarnya. 

Sementara, dalam momen tersebut, Gus Halim juga didapuk sebagai komandan santri oleh Pondok Pesantren Nurul Jadid. Posisi tersebut satu tingkat di bawah panglima santri yang dijabat Cak Imin.

Gus Halim mengapresiasi amanat yang dipercayakan terhadapnya sebagai komandan santri.

"Hari ini saya mendapat atribut sebagai komandan santri dari Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Jadi, satu level di bawahnya panglima santri," tuturnya.

Adapun pelaksanaan peringatan HSN 2022 yang dihadiri Gus Halim digelar di lapangan utama Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo. Sekitar 7 ribu santri putra dan putri Nurul Jadid ikut dalam HSN ini.  Kemudian, hadir juga perwakilan dari seluruh anggota Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) se-Kabupaten Probolinggo. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya