Dasco: Sandiaga Bukan Menteri dari Gerindra, Dia Kalangan Profesional

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad
Sumber :
  • VIVA / Anwar Sadat

VIVA Politik - Kabar Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno pindah haluan ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP) jadi perhatian. Elite Gerindra sudah merespons isu tersebut dengan melontarkan sindiran ke Sandiaga.

Mardiono Apresiasi Moncernya Perolehan Kursi PPP di DPRD Jabar: Naik 100 Persen

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut Sandiaga yang menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) bukanlah menteri dari Gerindra. Dasco menegaskan Sandiaga dapat jadi menteri karena berasal dari kalangan profesional.

Maka itu, dia menyebut jika Sandiaga pindah ke PPP maka tak akan mempengaruhi pos-pos Partai Gerindra.

Soal Isu Prabowo Tinggalkan Jokowi usai Dilantik Jadi Presiden, Pengamat: Adu Domba

"Dia (Sandiaga Uno) bukan menteri dari Partai Gerindra. Pak Jokowi menempatkan dia (Sandiaga) dari kalangan profesional," kata Dasco di komplek parlemen, Kamis, 29 Desember 2022.

Menparekraf, Sandiaga Uno.

Photo :
  • Ist.
Sapu Bersih! Airin Ngelamar Jadi Bakal Cagub Banten ke 4 Parpol

Menurut Dasco, jatah komposisi kabinet dari Gerindra adalah Kementerian Pertahanan dan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP). Di Kementerian Pertahanan, ada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan.

Lalu, di KKP dipimpin Sakti Wahyu Trenggono. Sebelum Sakti, Menteri KKP diisi politikus Gerindra Edhy Prabowo.

"Menteri yang berasal dari Partai Gerindra hanya dua yakni Kementerian Pertahanan dan Kementrian Kelautan dan Perikanan," jelas Dasco yang juga Wakil Ketua DPR tersebut.

Sandiaga Uno bertemu tokoh senior PPP, Rusli Effendi, di Pekanbaru, Riau

Photo :
  • Dok. Istimewa

Lantas, terkait kemungkinan ada reshuffle seandainya Sandiaga benar loncar ke PPP, Dasco menyerahkan hal itu kepada Presiden Jokowi. Menurut dia, reshuffle merupakan kewenangan Jokowi selaku kepala negara.

"Itu (perombakan kabinet) hak prerogratif pak Jokowi, kita serahkan sepenuhnya kepada pak Presiden," tuturnya.

Sebelumnya, Sufmi Dasco mengaku dapat kabar Sandiaga Uno akan bergabung dengan PPP. Dasco mengetahui kabar itu dari elite Fraksi PPP di DPR.

Namun, ia menyebut hingga saat ini belum ada surat pengunduran diri dari Sandiaga. "Kita tunggu saja nanti rilis dari PPP atau rilis dari yang bersangkutan (Sandiaga)," kata Dasco.

Dari dinamikanya, Sandiaga memang tampak akrab belangan ini dengan elite PPP. Eks Wagub DKI itu kerap satu kegiatan bareng elite partai yang kini dipimpin Mardiono. Isu mencuat, Sandiaga akan maju lagi sebagai kontestan di Pilpres 2024.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya