Erick Thohir Dinilai Sosok Cawapres Jalan Tengah Bagi KIB

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Dok. Kementerian BUMN

VIVA Politik – Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai sosok calon wakil presiden (cawapres) yang tepat untuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Erick Thohir menjadi sosok yang semakin menguatkan hubungan antar partai politik (parpol) dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

FIFA President Praises Indonesian National Team's Achievement

Menurut Direktur Lembaga Riset dan Konsultasi, Political Literacy Desk (Polldesk) Faisal Riza, figur seperti Erick Thohir mampu menjadi jalan tengah bagi KIB. Erick Thohir lebih diterima oleh koalisi yang diisi Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Golkar itu.

Erick Thohir: Timnas Indonesia Punya Generasi Emas

Kondisi demikian, dia menambahkan, bukannya tanpa ada alasan. Dia melihat latar belakang Erick Thohir yang tidak terikat dengan parpol manapun alias non parpol menjadi faktor penting dalam menjaga stabilitas komunikasi koalisi.

"Iya saya melihat begitu (jadi jalan tengah) dalam posisi sebagai figur non parpol," ujar Faisal. 

Timnas Indonesia U-23 Banjir Ucapan Terima Kasih dari Netizen

Selain itu, dia menyebut, bahwa Erick Thohir tidak hanya mampu menciptakan jalinan komunikasi positif antar parpol. Akan tetapi kehadirannya juga dapat mengisi kekosonfan ceruk suara yang tidak dimiliki parpol dalam KIB. 

"Kemudian faktor lain, pilihan terhadap termasuk cawapres tidak hanya menunjukan kuat dalam mengatrol suara. Tapi bagaimana figur itu bisa mengonsolidasikan kelompok," kata Faisal.

Menteri BUMN, Erick Thohir.

Photo :
  • Istimewa

Lebih dari itu, dia melihat, keberadaan Erick Thohir yang juga aktif dalam berbagai sektor masyarakat tentu juga menunjukkan adanya pengaruh kuat. Terutama untuk menggaet suara dari segmentasi kelompok-kelompok tertentu.

"Misalnya kelompok bisnis, kelompok organisasi yang memungkinkan nantinya jadi basis suara," ucap Faisal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya