Erick Thohir Dinilai Sosok Cawapres Jalan Tengah Bagi KIB

Menteri BUMN Erick Thohir.
Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Dok. Kementerian BUMN

VIVA Politik – Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai sosok calon wakil presiden (cawapres) yang tepat untuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Erick Thohir menjadi sosok yang semakin menguatkan hubungan antar partai politik (parpol) dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Menurut Direktur Lembaga Riset dan Konsultasi, Political Literacy Desk (Polldesk) Faisal Riza, figur seperti Erick Thohir mampu menjadi jalan tengah bagi KIB. Erick Thohir lebih diterima oleh koalisi yang diisi Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Golkar itu.

Kondisi demikian, dia menambahkan, bukannya tanpa ada alasan. Dia melihat latar belakang Erick Thohir yang tidak terikat dengan parpol manapun alias non parpol menjadi faktor penting dalam menjaga stabilitas komunikasi koalisi.

"Iya saya melihat begitu (jadi jalan tengah) dalam posisi sebagai figur non parpol," ujar Faisal. 

Selain itu, dia menyebut, bahwa Erick Thohir tidak hanya mampu menciptakan jalinan komunikasi positif antar parpol. Akan tetapi kehadirannya juga dapat mengisi kekosonfan ceruk suara yang tidak dimiliki parpol dalam KIB. 

"Kemudian faktor lain, pilihan terhadap termasuk cawapres tidak hanya menunjukan kuat dalam mengatrol suara. Tapi bagaimana figur itu bisa mengonsolidasikan kelompok," kata Faisal.

Halaman Selanjutnya
img_title