PDIP Minta Pejabat Dishub DKI Diperiksa KPK Buntut Istri Pamer Barang Mewah

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak
Sumber :
  • DPRD DKI Jakarta

VIVA Politik - Anggota DPRD DKI Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Gilbert Simanjuntak meminta KPK memeriksa Kepala Bidang Pengendalian Operasional Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Massdes Arouffy.

PDIP Lempar Sinyal Siap Koalisi dengan PAN Usung Khofifah di Pilgub Jatim

Gilbert meminta Massdes diperiksa KPK buntut dari istri dan anak yang pamer barang-barang mewah berupa tas dan di unggah ke media sosial.

Menurut Gilbert, seharusnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerapkan azas hukum yang sama dengan menyerahkan pemeriksaan harta dari Massdes ke KP. Bukan hanya diperiksa oleh Inspektorat Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

RI Siapkan Gugatan ke Airbus Atas Dugaan Kasus Suap Pembelian Pesawat

"Diperiksa oleh KPK dengan kondisi yang sama. Kalau kita mau menerapkan azas hukum namanya keadilan, ya dia harus diperiksa KPK," kata Gilbert kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, dikutip pada Senin 3 April 2023.

Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kompleks Balai Kota DKI Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Dewas Dipersilahkan Proses Etik Nurul Ghufron Kata Pimpinan KPK

Dia menyinggung cara Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono yang lenih memilih menggunakan mobil biasa untuk kendaraan dinas.

"Gubernur sendiri mengembalikan mobil mewah yang dia terima kan? Masa pegawainya hidup mewah. Kita melihatnya proporsional saja, sebaiknya diperiksa KPK saja. Kan ada LHKPN-nya. Dicocokkan saja," ujar Gilbert.

Menurut dia, harta yang dimiliki oleh Massdes diduga tidak wajar. Ia mengatakan demikian, karena gaji maupun tunjangan yang didapatkan oleh Massdes tak sebanding dengan perilaku hidup mewah anggota keluarganya.

"Nggak cocok sama jabatan dan tunjangan kinerja atau TKD-nya," katanya.

Pun, dia meminta agar pemeriksaan Massdes mengacu fakta yang ada. Dia mengatakan jika terbukti melakukan pelanggaran, Massdes harus dicopot dari jabatannya sesuai ketentuan berlaku.

"Kalau ada pelanggaran ya copot. Tapi periksa aja, masukkan ke KPK. Periksa LHKPN-nya harta yang dipamerkan dilaporkan nggak di LHKPN-nya," tutur Gilbert.

Sebelumnya, viral di media sosial Twitter terkait gaya istri dari Masdess Arouffy yang memamerkan harta kekayaannya.

Dilihat VIVA dari akun Twitter @partaisocmed, istri dari pejabat Dishub DKI itu mengunggah sejumlah barang mewah seperti tas merek Hermes, Dior dan sebagainya.

"Beliau adalah isteri dari Massdes Arouffy yang menjabat sebagai Kabid Pengendalian Operasional Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Postingan ini adalah dari anaknya yang dapat hadiah ulang tahun dari Papsmear, eh Papsky-nya," dikutip dari akun @partaisocmed, Jumat 31 Maret 2023.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengaku sudah mengetahui kabar pamer harta kekayaan oleh istri anak buahnya itu. Dia mengatakan saat ini pihak Pemprov DKI sudah memeriksa Massdes.

"Tentu untuk hal ini telah kami laporkan dan saat ini akan dilakukan pemeriksaan oleh unsur pengawasan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan unsur pembinaan kepegawaian," kata Syafrin kepada wartawan, Jumat 31 Maret 2023.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya