Hasto: Minggu-minggu Ini Ada Parpol Lain Deklarasi Dukung Ganjar Capres

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (tengah).
Sumber :
  • PDI Perjuangan

VIVA Politik - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan ada partai politik lain yang akan mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024. Sikap parpol itu menyusul langkah PDIP.

Soal Isu Prabowo Tinggalkan Jokowi usai Dilantik Jadi Presiden, Pengamat: Adu Domba

"Kita tunggu saja, bahwa minggu-minggu ini akan muncul deklarasi dari parpol lain yang mendukung capres dari PDIP Bapak Ganjar," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 24 April 2023.

Hasto kembali menjelaskan, sejatinya sudah kehendak Ketua Umum Megawati Soekarnoputri untuk mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai bakal capres 2024 pada Jumat 21 April 2023. Sebab, momen pengumuman pada hari Jumat, bagi PDIP, sudah menjadi kebiasaan. 

Sapu Bersih! Airin Ngelamar Jadi Bakal Cagub Banten ke 4 Parpol

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memakaikan peci ke Ganjar Pranowo

Photo :
  • Tangkapan layar

Menurut dia, momen bertepatan dengan hari Proklamasi 17 Agustus 1945, yakni Jumat.

Diskusi dengan Pebisnis di London, Airlangga Pastikan Stabilitas Ekonomi RI Usai Pemilu 

"Ya itu kan diumumkan melalui suatu protokol partai, ada lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta, memohon Rahmat Yang Maha Kuasa, berdoa bagi para pahlawan bangsa, kemudian di hari yang khusus dan ternyata sudah kehendak Tuhan Yang Maha Esa, ibu Mega mendeklarasikan capres pada hari Jumat," jelas Hasto.

Dia bilang untuk pengumuman capres, Megawati juga merujuk setiap Jumat. Kata dia, hal itu yang sudah jadi kesepakatan bulat.

"Ibu Mega itu ternyata setiap mengumumkan capres di hari Jumat, Proklamasi 17 Agustus itu pada Jumat sehingga itu sesuatu yang betul-betul bulat, kesadaran yang bening," imbuhnya.

Pun, Hasto menglaim, pengumuman nama Ganjar ini dilakukan Megawati berdasarkan pertimbangan matang. Dia menyebut upaya itu setelah menyerap aspirasi dan berdialog dengan seluruh para tokoh-tokoh nasional seperti Presiden RI Jokowi hingga Prananda Prabowo dan Puan Maharani.

"Kemudian diambil keputusan sehingga kalau bu Mega udah ambil keputusan ini tidak akan berubah meskipun matahari terbit dari barat," kata Hasto.

Hasto menambahkan pihaknya juga bakal terus menjaga momentum setelah Megawati mengumumkan nama bacapres PDIP pada 21 April 2023. Bahkan dalam rangka itu, seluruh kader kompak memasang bendera lambang banteng moncong putih di masing-masing di halaman kantor partai.

"Momentum itu terus kami jaga. Hari ini kami memantau bahwa seluruh pengurus PDI Perjuangan di seluruh Indonesia telah memasang bendera partai di halaman masing-masing, bendera moncong putih sebagaimana menjadi perintah harian ibu ketua umum," ujar Hasto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya