Punya Jaringan Luas dan Dekat dengan Jokowi, Budi Gunawan Didukung Jadi Cawapres Ganjar

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Politik - Langkah PDI Perjuangan (PDIP) yang bakal mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres) 2024 memunculkan spekulasi terkait figur cawapres. Sejumlah nama dikaitkan sebagai pendamping Ganjar.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Salah satunya muncul dukungan terhadap Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Dukungan terhadap mantan Wakapolri itu disuarakan Barisan Relawan Ganjar-Budi Gunawan (Begawan).

Koordinator Nasional Begawan Annas Fitrah Akbar mendeklarasikan dukungannya terhadap Budi Gunawan untuk berpasangan dengan Ganjar. Bagi dia, figur Budi Gunawan layak jadi calon RI-2 karena punya beberapa keunggulan.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

"Profesor Budi Gunawan merupakan konseptor yang baik, pintar, mempunyai wawasan yang luas. Diplomasi dan jaringannya juga luas," kata Annas Fitrah, dalam keterangannya, Kamis, 27 April 2023. 

Pengumuman Ganjar Pranowo Sebagai Capres PDIP

Photo :
  • Youtube
Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Pun, dia menyebut Budi Gunawan juga sebagai sosok  kepercayaan Presiden Jokowi. Ia mengatakan demikian karena pria yang akrab disapa BG itu sudah menjabat Kepala BIN sejak September 2016.

"Profesor Budi Gunawan merupakan sosok yang jadi orang kepercayaan Presiden Jokowi, terbukti sejak September 2016 hingga sekarang 2023 dipercaya sebagai Kepala BIN," jelas Annas. 

Bagi Annas, kepercayaan terhadap BG jadi kunci keberlanjutan program-program strategis legacy Jokowi nantinya. 

"Kedekatan dan kepercayaan Profesor Budi Gunawan dengan Presiden Jokowi jadi kunci akan melanjutkan program strategisnya," lanjut Annas. 

Lebih lanjut, dia menyebut BG juga punya sejumlah potensi yang bisa ditawarkan. Salah satunya mantan Kapolda Bali itu sebagai sosok yang punya kemampuan sebagai seorang organisatoris.

"Dan, amat terdidik untuk melakukan pengorganisasian lembaga karena pernah memimpin banyak posisi di pemerintahan," tutur Annas. 

Kemudian, ia menekankan kelebihan BG lainnya mampu menggalang informasi dan massa. 

"Karena ciamik memimpin Badan Intelijen Negara (BIN). Ia pasti tahu betul simpul penting dan informasi mana yang perlu dicari dalam kontestasi politik 2024,” kata Annas.

Lalu, dia bilang keunggulan lainnya BG sudah terlatih mengantisipasi jika terjadi kegaduhan politik. Menurut dia, potensi tak kalah penting yaitu peluang besar mendapatkan restu PDIP.

"Beliau sangat dekat dengan Bu Megawati, karena mantan ajudan Bu Megawati saat jadi Presiden RI ke 5," ujar Annas.

Annas menyampaikan jika BG bisa berduet dengan Ganjar di 2024 maka akan jadi pasangan yang komplet. Sebab, Ganjar memiliki berbagai keunggulan seperti popularitas dan dekat dengan rakyat. 

"Dekat dengan rakyat dan tokoh yang rendah hati. Sisi ini akan saling melengkapi jika terbentuk pasangan capres Ganjar-cawapres Budi Gunawan," ujar Annas. 

Pun, dia berjanji siap deklarasikan Begawan dengan memperkuat jaringan serta pembentukan Koordinator Daerah atau Korda se-Indonesia. 

"Kami segera mendeklarasikan Begawan dan pembentukan koodinator daerah se Indonesia, karena kami sangat yakin pasangan ini akan menang satu putaran," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya