AHY Bebaskan Anies Baswedan Pilih Cawapres: Yang Penting Bawa Kemenangan

Anies Baswedan dan AHY di DPP Demokrat
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan kebebasan bagi bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan untuk memilih calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya pada Pilpres 2024.

Terpopuler: Anggota Polri di Timnas U-23, Rocky Gerung Larang Anies Nyagub

"Kita ingin terus membangun komunikasi yang semakin intensif baik yang dilakukan secara langsung oleh tim kecil, dan tentunya telah kita serahkan ke bacapres kita," kata AHY kepada wartawan, Minggu, 7 Mei 2023.

"Mas Anies baswedan sesuai dengan piagam kesepakatan yang telah ditandatangani ketiga partai baik Demokrat, PKS dan Nasdem yang intinya kita serahkan secara penuh kepada Mas Anies untuk menentukan, memilih," sambungnya.

Momen Mahfud MD, Ketua MA hingga Ketua THN Amin Baca Puisi di Halal Bihalal IKA UII

Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla bersama Anies Baswedan

Photo :
  • Istimewa

AHY mengatakan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) pada dasarnya berharap Anies tidak hanya bisa memilih pendamping yang sesuai kriteria, tapi juga dapat membawa kemenangan pada Pilpres 2024 mendatang.

Penampakan AHY Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan Bareng Ribuan Warga Banyuwangi

"Pada saatnya, cawapres yang memenuhi kriteria-kriteria yang kita harapkan benar-benar bisa kita harapkan membawa kemenangan untuk Koalisi Perubahan," ungkapnya.

Lima Nama Kandidat Cawapres untuk Anies 

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasdem Willy Aditya mengatakan ada lima nama bakal calon wakil presiden (cawapres) yang telah dipertimbangkan untuk dipilih mendampingi Anies Baswedan dalam pemilu presiden tahun 2024. 

Pemilihan kelima nama cawapres itu berdasarkan hasil diskusi Tim Delapan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang terdiri dari tiga partai politik, yakni Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Lima nama yang mengerucut itu, dalam proses kita akan membangun dengan calon presiden (capres). Dalam proses kita akan membangun taaruf dengan capres," kata Willy kepada wartawan di kawasan Jakarta Selatan, Jumat, 5 Mei 2023.

Willy menyebut, dalam proses taaruf itu, pihaknya akan melihat siapakah yang paling kompatibel untuk mendampingi Anies Baswedan. Penilaiannya pun disesuaikan dengan lima skenario yang dibangun.

"Ini, jika kondisinya seperti ini, yang kompatibel atau yang presisi mendampingi Pak Capres bagaimana. Lima nama itu berdasarkan dengan lima skenario. Jadi, bukan hanya otak-atik, 'Oh si A'. Gini, gini. Tapi lima nama itu benar-benar refleksi dan proses diskusi mendalam dari lima skenario," katanya.

"Kalau krisisnya bagaimana, kalau kita ingin membangun good governance seperti ini bagaimana, kalau kita ingin perubahan yang lebih progres akan seperti apa pendampingnya."

Kendati begitu, Willy enggan membongkar siapa saja yang masuk dalam bursa cawapres Anies Baswedan. Sebab, saat ini proses membangun chemistry antara Anies dengan kelimanya masih terus berlangsung.

"Jadi, sekali lagi, ini bukan kawin paksa; kami masih punya waktu untuk kemudian membangun chemistry. Ini bukan ada order dipaksakan, dijodohin, gitu--enggak. Ini datang dengan penuh cinta dan kasih," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya