Anies-AHY Unggul Jauh dari Ganjar Pranowo, Duet Anies-Sandi di Zona Terbawah Hasil Voting VIVA

Anies Baswedan dan AHY di DPP Demokrat
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Duet capres-cawapres, Anies Baswedan - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), kokoh di puncak sebagai yang paling banyak dipilih untuk pasangan di Pilpres 2024. Itu berdasarkan hasil sementara voting yang dilakukan VIVA. Sudah berbulan-bulan, duet ini menjadi jawara pilihan pembaca untuk diusung di pemilu nanti.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Duet Anies-AHY dipilih oleh 20.377 voters. Unggul cukup jauh di urutan kedua dimana voters menduetkan Ganjar Pranowo - Basuki Tjahaja Purnama (Ahok/BTP) dengan suara 13.459.

(Untuk ikut voting VIVA, buka link berikut ini: Voting Capres-Cawapres)

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

Nama Anies masih menjadi magnet bagi voters. Sehingga urutan ketiga dari pasangan capres dan cawapres pilihan pembaca, adalah Anies Baswedan dipasangkan dengan Khofifah Indar Parawansa sebagai cawapres. Duet ini dipilih oleh 4.036 suara.

Anies Baswedan juga masih dipilih oleh 2.147 voters pada urutan keempat, untuk dipasangkan dengan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo. Menyusul urutan kelima adalah duet Ganjar Pranowo - Erick Thohir yang meraup 1.740 suara.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Bahkan Prabowo Subianto diduetkan dengan Ganjar Pranowo pun hanya mampu meraup 1.583 suara. Unggul tipis jika duet Muhaimin Iskandar - Prabowo Subianto diurutan ketujuh dengan raihan 1.351 suara.

Suara Ganjar Pranowo diduetkan dengan Prabowo Subianto, tidak mampu mengangkat keduanya hingga hanya dipilih 1.284 suara diurutan kedelapan. Diikuti Anies-Ridwan Kamil sebanyak 1.277 suara diurutan sembilan. Anies-Mahfud MD hanya mampu bertengger di urutan sepuluh dengan meraup 930 suara.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Duet pasangan Anies Baswedan - Sandiaga Uno, yang kembali mencuat terutama dari internal PKS, pun belum mampu mendulang suara tinggi. Anies dan Sandi pernah bersanding di Pilkada DKI Jakarta 2017, dan mereka berhasil menang mengalahkan patahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Pasangan Anies-Sandi yang kembali dimunculkan internal PKS tersebut, hanya mampu meraup 820 suara di voting terbuka VIVA dan berada diurutan sebelas hingga Senin 8 Mei 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya