Survei Indikator: Elektabilitas Anies Tertinggi di DKI, Kalahkan Ganjar dan Prabowo

Bakal Capres 2024, Prabowo, Ganjar, dan Anies (Foto/VIVA.co.id)
Sumber :
  • vstory

VIVA Politik – Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait elektabilitas sejumlah nama kandidat Calon Presiden (Bacapres) yang akan berkontestasi dalam Pemilu tahun 2024 mendatang. Dalam survei yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia di wilayah DKI Jakarta, nama Anies Baswedan pun mengungguli nama kandidat Capres lainnya yakni Ganjar Pranowo hingga Prabowo Subianto.

Megawati Muncul di Pameran Seni Butet, Pakar: Itu Pernyataan Politik yang Paling Keras!

Anies berhasil mengungguli Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto dengan tingkat elektabilitas sebanyak 28 persen. Sedangkan elektabilitas yang di dapat oleh Ganjar sebesar 21,3 persen dan Prabowo sebesar 11 persen.

"Sebagai capres dia unggul top of mind 28 persen di DKI Jakarta, disusul Ganjar 21 persen yang ketiga Pak Prabowo," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam acara daring Rilis Indokator Survei DKI Jakarta bertajuk Peta Elektoral Pemilu Presiden, Pemilu Legislatif dan Pilkada di DKI Jakarta 2024, Kamis 11 Mei 2023.

Relawan Sanopati 08 Optimis Prabowo-Gibran Bisa Wujudkan Indonesia Emas 2045

Anies Baswedan bersama wargan saat acara perpisahan Gubernur DKI

Photo :
  • VIVA / Ahmad Farhan

Meskipun Anies menjadi salah satu nama yang berada diatas Ganjar dan Prabowo, ia mengalami stagnan dalam perolehan angka elektabilitas di DKI Jakarta. Sedangkan Ganjar dan Prabowo mengalami peningkatan.

Temuan Survei Indikator: Publik Puas Kinerja Polri Selama Mudik Lebaran 2024

Adapun tiga hasil survei Indikator sebelumnya, yakni pada bulan April 2022, Anies mendapatkan angka 27,1 persen, Juli 2022 sebesar 27 persen, dan Februari-Maret 2023 sebesar 28 persen.

Dalam survei periode yang sama, Ganjar mendapatkan 15,1 persen hingga kemudian meningkat ke 16,9, dan 21,3 persen. Sementara, Prabowo 8,9 persen menurun ke 7,4 persen, dan naik kembali ke 11 persen.

"Jadi Anies harus siap-siap meskipun ini basisnya tetapi ada Ganjar terutama mulai bergerak, Pak Prabowo juga mulai bergerak," kata Burhanuddin.

Sementara dalam simulasi 10 nama, Anies Baswedan mendapat 36,8 persen disusul Ganjar 29,5 persen, dan Prabowo Subianto 14,3 persen. Posisi keempat diduduki oleh Ridwan Kamil dengan perolehan 5,6 persen, posisi kelima oleh AHY dengan 2,3 persen.

Disusul secara berurutan oleh Sandiaga Uno, Erick Thohir, Andika Perkasa, Puan Maharani, dan Khofifah Indar Parawansa.

Nama Anies juga masih berhasil unggul dari Ganjar dan Anies dalam simulasi tiga nama. Anies meraup sebesar 42,4 persen, Ganjar 33,2, dan Prabowo 16,6 persen.

Anies Rasyid Baswedan menemui warga di halaman Pendopo Balai Kota DKI Jakarta pa

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Sekadar informasi, survei ini dilakukan pada periode 24 Februari-3 Maret 2023 dengan populasi survei seluruh WNI di Provinsi DKI Jakarta. Sampel dalam survei itu diambil menggunakan metode multistage random sampling. Sampel basis sebanyak 820 orang kemudian dilakukan oversampel di Dapil DKI I dan DKI II menjadi masing-masing 800 responden, sehingga total sampel yang dianalisis sebanyak 2.060 responden. Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya