Deretan Caleg Nasdem, Ada 2 Menteri Jokowi hingga Artis

Ilustrasi Nasdem
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA Politik - Dua menteri pemerintahan Jokowi-Maruf Amin, yang notabene kader Partai Nasdem akan turun bersaing di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Kedua menteri asal Nasdem itu adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan Menkominfo Johnny G Plate. 

Jokowi dan Elon Musk Bakal Resmikan Layanan Starlink saat WWF di Bali

Demikian disampaikan Ketua DPP Nasdem, Willy Aditya saat mendampingi Ketua Koordinator Bappilu Partai Nasdem Pranda Surya Paloh menyerahkan berkas pendaftaran bacaleg 2024 dari partainya ke kantor KPU RI, Jakarta, Kamis, 11 Mei 2023. 

"Menteri ada dua, Syahrul Yasin Limpo dan Johnny Plate itu yang maju," kata Willy Aditya.

Jokowi Sets New Rule for Social Health Insurance

Willy menambahkan, Johnny Plate akan maju dari daerah pemilihan atau dapil Nusa Tenggara Timur (NTT) I. Adapun Syahrul Yasin Limpo akan mendaftar di dapil Sulawesi Selatan I.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo

Photo :
  • Dirjen Perkebunan
PNS Terobos ke Belakang Jokowi Diamankan Paspampres, Kolonel Herman: Hindari Hal Tak Diinginkan

Selain itu, ada beberapa publik figur yang didaftarkan sebagai bacaleg 2024 dari Nasdem. Menurut Nasden, deretan publik figur itu sudah jadi kader Nasdem. 

Dia mencontohkan ada Reza Artmevia untuk dapil Banten III, Choky Sitohang dapil Jawa Barat VI, serta Anisa Bahar. "Tapi (mereka) itu sudah jadi kader," kata Willy.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Prananda Surya Paloh mengatakan, pihaknya sudah 100 persen menyerahkan dokumen ke KPU RI. Dia mengatakan dari bacaleg yang didaftarkan, sebanyak 33 persen keterwakilan perempuan pun turut didaftarkan.

“Hal kedua yang menjadi catatan kami ada catatan yang cukup baik di tengah polemik 30 persen atas perempuan kuota perempuan ini Partai Nasdem sukses memberikan caleg perempuan di atas 30 persen yaitu 33 persen," kata Prananda di KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat.

Lebih lanjut, Prananda mengatakan, petahana Partai Nasdem masih mendominasi kuota Bacaleg yang didaftarkan untuk Pileg 2024 ini.

"Tentu karena ini saya rasa kita ingin jadi partai besar yang tadi saya utarakan, tentu petahana kami yang lebih dominan ya," kata dia.

Kemudian, dia menambahkan, ada dua Bacaleg pindahan dari partai lain yang ikut didaftarkan pada Pileg 2024. Meski demikian, menurut Prananda partainya banyak mendaftarkan Bacaleg di bawah usia 45 tahun.

"Tentu juga kami banyak di bawah 45 tahun, tetapi memang yang menjadi dominan di Pemilu ketiga ini di kisaran 55 sampai 60 tahun," ujarnya.

Pun, dia menekankan, Nasdem punya target berada di posisi dua besar dalam Pemilu 2024. Dia mengebut target Nasdem memperoleh 100 kursi parlemen.

"Partai Nasdem ingin merebut ataupun juga paling tidak menjadi dua besar pada Pemilu 2024 ke depan, atau kurang lebih dengan target 100 kursi DPR RI," sebutnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya