Gus Yasin Pilih Kamis Pahing Daftar Caleg DPD RI: Saya Ikuti Ajaran Mbah Moen

Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin atau Gus Yasin mendaftar calon anggota DPD RI
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

VIVA Politik – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen hari ini, Kamis, 11 Mei 2023, resmi mendaftar ke KPU Jateng sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Taj Yasin memilih mendaftar pada hari Kamis Pahing karena mengikuti ajaran sang ayah yaitu Almarhum KH. Maimoen Zubair.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

"Kenapa pilih hari ini, karena menurut orang Jawa hari Kamis Pahing ini untuk pemimpin. Saya ikuti ajaran Mbah Moen. Kenapa jam sebelas? Ya biar enak saja," jelas Taj Yasin, Kamis (11/5).

Saat mendaftar, Gus Yasin, panggilan akrabnya, datang langsung bersama beberapa orang yang mendampingi. Ia menyerahkan sejumlah berkas persyaratan, termasuk di dalamnya surat pengunduran diri sebagai Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin atau Gus Yasin mendaftar calon anggota DPD RI

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno

Ia mengatakan siap mundur dari jabatan Wagub karena itu sebagai syarat maju menjadi calon anggota DPD.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

"Kami telah berkoordinasi dengan KPU terkait mundur dari jabatan. Kemarin kita sudah dikumpulkan, sudah koordinasi. Kemarin diinformasikan kalau masa jabatan habis sebelum penetapan, tidak wajib mengundurkan diri. Namun kami tetap membawa surat pengunduran diri sebagai persyaratan," jelasnya.

Terkait persiapan pencalonan anggota DPD, Gus Yasin mengaku tidak ada persiapan khusus untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPD. Karena semua syarat telah dipenuhi termasuk syarat dukungan suara.

"Tak ada persiapan khusus. Syarat dukungan suara sudah melebihi target. Persiapan ya dengan shalat hajat dan berdoa," kata politisi PPP tersebut.

Sebelum menjadi Wakil Gubernur Jateng mendampingi Gubernur Ganjar Pranowo, Gus Yasin pernah menjadi anggota DPRD Jawa Tengah dari Partai Persatuan Pembangunan. Kini putra Mbah Maimoen tersebut mantap maju sebagai calon anggota DPD RI.

Sementara itu, Ketua KPU Jateng, Paulus Widyantoro menjelaskan, Gus Yasin telah menyerahkan surat pengunduran diri kepada atasannya sesuai aturan. Keputusan SK pengunduran diri itu harus diterima KPU sebelum 3 November 2023. 

"Saat menyerahkan itu kan menyerahkan surat pengunduran diri yang diterima atasannya langsung. SK pemberhentian diterima KPU sebelum daftar calon tetap 3 November. Masih dalam proses," bebernya. 

Masa jabatan Gus Yasin sendiri akan berakhir pada 5 September 2023. Untuk itu masih ada kemungkinan dirinya tetap menjabat hingga masa jabatan habis, jika pengunduran dirinya keluar setelah tanggal tersebut. "Yang penting SK sudah kita terima sebelum DCT," imbuhnya. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya