Dua Menteri Jokowi hingga Artis Reza Artmevia dan Choky Sitohang Jadi Caleg Nasdem

Koordinator Bappilu DPP Nasdem, Prananda Surya Paloh (tengah).
Sumber :
  • VIVA.co.id/BS Putra

VIVA Politik – Dua kader Partai Nasdem yang menjadi menteri dalam kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin tercatat sebagai bakal calon anggota badan legislatif (caleg) dari partai tersebut, antara lain Syahrul Yasin Limpo (Menteri Pertanian) dan Johnny G Plate (Menteri Komunikasi dan Informatika). 

Jokowi Teken UU Daerah Khusus Jakarta

Demikian diungkapkan Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya saat mendampingi Ketua Koordinator Bappilu Partai Nasdem Pranda Surya Paloh menyerahkan berkas pendaftaran bacaleg 2024 dari partainya ke kantor KPU RI, Jakarta, Kamis, 11 Mei 2023. 

Willy menjelaskan, Johnny Plate akan mendaftar untuk daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur (NTT) I, sementara Syahrul Yasin Limpo akan mendaftar di daerah pemilihan Sulawesi Selatan I.

Prabowo Pastikan Tak Ada Waktu Terbuang Sia-sia selama Masa Transisi Pemerintahan

Figur publik yang didaftarkan sebagai bakal caleg 2024 dari Nasdem, di antaranya penyanyi Reza Artamevia untuk daerah pemilihan Banten III, pembawa acara Choky Sitohang untuk daerah pemilihan Jawa Barat VI, dan penyanyi Anisa Bahar. Mereka sudah terlebih dahulu menjadi kader Nasdem, kata kata Willy.

MK Mulai Sidangkan Sengketa Pileg 2024 Hari Ini, Dibagi 3 Panel Hakim

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Prananda Surya Paloh menuturkan, partainya sudah 100 persen menyerahkan dokumen ke KPU RI. Bakal caleg yang didaftarkan sebanyak 33 persen keterwakilan perempuan pun turut didaftarkan.

“Hal kedua yang menjadi catatan kami ada catatan yang cukup baik di tengah polemik 30 persen atas perempuan kuota perempuan ini Partai Nasdem sukses memberikan caleg perempuan di atas 30 persen yaitu 33 persen," kata Prananda.

Rapat kerja nasional (rakernas) Partai Nasdem.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Selain itu, Pranada mengatakan, petahana Partai Nasdem masih mendominasi kuota bakal caleg yang didaftarkan untuk pemilu legislatif (Pileg) 2024. "Tentu, karena ini saya rasa kita ingin jadi partai besar yang tadi saya utarakan, tentu petahana kami yang lebih dominan ya," kata dia.

Kemudian, kata Prananda, ada dua bakal caleg pindahan dari partai lain yang ikut didaftarkan pada Pileg 2024. Meski begitu, menurut Prananda, partainya banyak mendaftarkan bakal caleg berusia kurang dari 45 tahun. "Tetapi memang yang menjadi dominan di Pemilu ketiga ([bagi Partai Nasdem] ini di kisaran 55 sampai 60 tahun," imbuhnya.

Prananda menambahkan, Nasdem ingin berada di posisi dua besar dalam Pemilu 2024. Dia menyebut target Nasdem memperoleh 100 kursi parlemen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya