Ganjar Pranowo Capres PDIP, Mayoritas Relawannya Pendukung Jokowi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Politikus PDIP Rano Karno.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres 2024 (TKRPP) DPP PDIP, Ahmad Basarah mengatakan jumlah relawan pendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) berjumlah 457 organisasi. Mayoritas relawan merupakan pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Elite PDIP Harap Prabowo Jalankan Ajaran Bung Karno Wujudkan Trisakti

Menurut Basarah, ada dua kategori barisan pendukung yang akan menggawal Ganjar di 2024.

"Pertama adalah kategori relawan Pak Ganjar yang berasal dari pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dan, yang kedua adalah relawan Ganjar yang terbentuk di luar organ relawan yang dulu menjadi pendukung Jokowi di pemenangan pemilu 2014 dan 2019," kata Basarah saat konferensi pers di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 12 Mei 2023.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Basarah menyampaikan data sebanyak 457 organisasi relawan itu, merupakan data sementara usai PDIP mendeklarasikan Ganjar sebagai bakal capres 2024.

"Berdasarkan data pendaftaran organ relawan yang masuk ke data base TKRPP-PDI Perjuangan pertanggal 11 Mei 2023 pukul 17.00 WIB sebanyak 457 organ relawan," jelas Ketua DPP PDIP tersebut.

Balas Prabowo, Ganjar Ingatkan "Yang Kerja Sama Saja Bisa Ganggu"

Bakal capres Ganjar Pranowo bersama sejumlah kader PDIP.

Photo :
  • Istimewa

Dia mengatakan angka tersebut masih di luar data ratusan organ relawan pendukung Presiden Jokowi yang akan bertransformasi mendukung Ganjar. 

Pun, Basarah juga mengatakan pihaknya bakal melakukan segmentasi target pemilih untuk pemenangan Ganjar. Target yang akan dicapai adalah generasi milenial, petani, buruh dan lainnya.

Adapun, Sekretaris TKRPP DPP PDIP, Deddy Sitorus mengatakan data 457 organisasi relawan Ganjar Pranowo itu hanya data di tingkat pusat dan provinsi. Dari 457 itu, lanjut dia, mayoritas pendukung Jokowi yang telah menyatu. 

"Kenapa jumlahnya baru 457? sebanyak 457 itu baru yang mendata di wilayah pusat dan provinsi, belum yang di tingkat kabupaten dan kota, belum yang bersifat komunitas-komunitas dan lain sebagainya," lanjut Deddy. 

"Perlu kita ingat jumlah relawan jokowi kemarin juga ada yang sifatnya temporer, setelah memenangkan mereka membubarkan diri," kata Deddy.

Deddy bilang data tersebut akan diverifikasi oleh tim TKRPP DPP PDIP sampai tanggal 28 Oktober 2023. Dia menekankan bahwa mayoritas pendukung Jokowi akan memilih Ganjar Pranowo sebagai capres pilihannya di Pilpres 2024 nanti.

"Saya tekankan kalau relawan Jokowi yang cukup besar itu organnya sekitar 70, saya meyakinkan setidaknya hampir mendekati 90 persen itu sudah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan kita," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya