Aburizal Anggap Nasdem Bukan Ancaman Golkar

Aburizal Bakrie di Tidore
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Ketua Umum DPP Partai Golkar, Aburizal Bakrie, menganggap keberadaan organisasi kemasyarakatan (ormas) Nasional Demokrat (Nasdem) bukan merupakan ancaman bagi partai yang dipimpinnya.

"(Nasdem) itu kan ormas. Tidak ada masalah (bagi Partai Golkar), bukan ancaman," ujar Aburizal menjawab pertanyaan wartawan sesuai berbicara pada forum diskusi publik bertajuk ‘Setgab Partai Koalisi: Dampaknya bagi Perkembangan Demokrasi di Indonesia,’ di Rasuna Epicentrum, Jakarta, Kamis 24 Juni 2010.

Meski demikian, Aburizal mengingatkan para kader Partai Golkar agar tetap setia pada Partai. Jika nantinya Nasdem berubah wujud menjadi partai politik, kader Golkar yang ada di dalamnya harus mengundurkan diri dan kembali ke partai.

"Secara legal, (seruan mundur itu) harus dipatuhi jika dia (Nasdem) sudah resmi menjadi partai politik. Dan, secara historis, siapa pun kader Partai Golkar harus mempunyai kesetiaan penuh pada partai," katanya.

Ia pun memperingatkan Nasdem agar tidak memengaruhi atau menghasut kader Partai Golkar untuk menjadi bagian dari ormas tersebut jika nantinya menjadi partai politik. "Kalau mereka menghasut grass root (basis massa pendukung) dan kader Partai Golkar, tentu kami akan melakukan tindakan."

Rabu, 23 Juni 2010, Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, Idrus Marham, meminta kader Partai tidak terpengaruh Nasdem. Ia mengatakan, "Kepada kader Partai Golkar yang sudah terlanjur bergabung (dengan Nasdem), kami minta untuk mundur dan bersatu untuk bersama-sama membangun Partai Golkar."

Menurut Idrus, Nasdem bukan merupakan infrastruktur Partai Golkar, dan sudah disiapkan oleh pendirinya untuk menjadi partai politik. Menurutnya, Nasdem didirikan salah seorang calon ketua umum Partai Golkar setelah Munas Partai di Pekanbaru, Riau, pada Oktober 2009 silam.

Tanda-tanda Nasdem sudah disiapkan menjadi partai politik, kata Idrus, dapat dilihat dengan didirikannya pengurus di tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia, dengan merekrut kader Partai Golkar.

Laporan M Arief Hidayat

Mayat Bayi Ditemukan Terbungkus Kardus di Tanah Abang, Diduga Dibuang Sang Ayah.
Ketua Srikandi PPDI, Nunun Daradjatun Donor Darah

Kasus DBD Naik, PPDI Minta Perempuan RI Ikut Donor Darah

Peringati Hari Kartini, Srikandi Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) mengajak ratusan perempuan melakukan aksi donor darah untuk kemanusiaan, di Sekolah polisi Wanit

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024