Pakar: PAN Pandai Baca Suasana Hati Jokowi dan Situasi Politik

Zulkifli Hasan Pimpin Langsung Pendaftaran Bacaleg PAN ke KPU
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Politik - Manuver Partai Amanat Nasional (PAN) jelang Pemilu 2024 menarik perhatian. Partai politik atau parpol yang dipimpin Zulkifli Hasan itu dinilai pandai membaca suasana hati Presiden Joko Widodo. 

Momen Mahfud MD, Ketua MA hingga Ketua THN Amin Baca Puisi di Halal Bihalal IKA UII

Pakar politik Adi Prayitno menganalisa PAN sebagai bagian parpol pendukung pemerintah mampu mengusulkan figur bakal capres dan bakal cawapres 2024. Dia menilai PAN juga lihai membuat Jokowi bahagia. 

Dia menyinggung hal itu seperti saat kegiatan Rapat Koordinasi Nasional atau Rakornas PAN, beberapa waktu lalu.

Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

Menurut Adi, sinyal kuat PAN yang ingin menduetkan Ganjar Pranowo dengan Erick Thohir jadi perhatian politik. Tapi, dia menilai cara PAN mampu membuat Jokowi tak bisa menutupi rasa semringahnya.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno

Photo :
  • Istimewa
PKB Siapkan Calon Potensial di Pilgub DKI 2024, Hasbiallah Ilyas Ungkap Kriterianya

Adi menganggap baik Ganjar atau Erick masuk deretan orang dekat dari Jokowi. Dengan demikian, menurutnya PAN paham menyenangkan hati Jokowi.

“Menurut saya, PAN pandai dalam membaca suasana hati Jokowi dan situasi politik. Presiden Jokowi terlihat begitu happy," kata Adi kepada wartawan, Senin, 22 Mei 2023.

Pun, dia menyebut jika PAN merekomendasikan nama cawapres yang hubungannya kurang erat dengan Jokowi, maka akan ditanggapi biasa. Maka itu, dia menilai PAN paham cara menyenangkan Presiden RI ke-7 itu.

“Jika PAN mengusung figur di luar inner circle Presiden Jokowi, tentu presiden tidak akan sesemringah itu," ujar Direktur Eksekutif Paramater Politik Indonesia (PPI) tersebut.

Status PAN saat ini merupakan bagian Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Golkar dan PPP. Namun, KIB dirumorkan retak pasca PPP sudah mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai bakal capres.

Adapun PAN sempat diisukan akan menyusul PPP akan mengumumkan Ganjar sebagai jagoan capresnya. Namun, sejauh ini, belum ada sikap resmi dari PAN.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya