Elite PAN Debat Panas, Muncul Opsi Usung Airlangga-Zulhas

Ketua DPP PAN Yandri Susanto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh. Nadlir

VIVA Politik – Rapat internal PAN, yang digelar Selasa malam, diwarnai banyak perdebatan di antara elite partai berlambang matahari tersebut. Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengungkapkan, perdebatan khususnya soal siapa sosok capres dan cawapres yang bakal disusung partainya pada pemilu 2024. 

Momen Mahfud MD, Ketua MA hingga Ketua THN Amin Baca Puisi di Halal Bihalal IKA UII

"Dibahas masalah pilpres. Tadi sangat hangat dan luar biasa perdebatannya. Intinya itu bagaimana PAN menang dalam pilpres nanti di tahun 2024, sehingga hitung-hitungannya harus tepat dan pas," kata Yandri ditemui awak media di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa malam, 23 Mei 2023.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Plt Ketua Umum PPP Mardiono bertemu di satu restoran di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu, 30 November 2022.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito
Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

Yandri menuturkan, PAN sebelumnya telah mengerucut soal nama capres dan cawapres. Antara Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto. Sedangkan cawapresnya, antara Erick Thohir atau Zulkifli Hasan (Zulhas).

Namun, kata Yandri, dalam perdebatan tadi, muncul opsi baru berupa paket capres dan cawapres. Ada sejumlah kader PAN menginginkan pasangan Ketum Golkar Airlangga Hartarto-Zulhas maju di Pilpres 2024.

PKB Siapkan Calon Potensial di Pilgub DKI 2024, Hasbiallah Ilyas Ungkap Kriterianya

"Di perdebatan teman-teman tadi, di rapat harian, memunculkan nama baru atau paket baru. Jadi ada Anies, ada Ganjar, ada Prabowo. (Muncul opsi) kenapa misalkan dari KIB tidak memunculkan nama sendiri? Yaitu Airlangga-Zulhas. Jadi juga banyak peserta rapat tadi, bahkan kalau yang diusulkan itu ketum, semua setuju tadi, Pak Ketum itu diusung jadi cawapres," kata Yandri.

Ganjar menghadiri Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) PPP Jawa Tengah

Photo :
  • Istimewa

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) digagas oleh Golkar, PAN dan PPP. Sejauh ini baru PPP yang mendeklarasikan capres, yakni Ganjar Pranowo.

Meski demikian, ditekankan Yandri, PAN belum memutuskan sosok capres dan cawapres yang bakal diusung untuk Pilpres 2024.

"Nah ini dari rapat harian ini akan kami laporkan ke ketum, karena mandat rakernas itu 100 persen diserahkan kepada ketum untuk menentukan siapa yang akan diusung oleh PAN," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya