Ganjar Pranowo Pede Didukung PAN di Pilpres 2024

Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Partai Amanat Nasional (PAN) bertemu dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Jumat, 2 Juni 2023. Pertemuan itu berlangsung di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat. Dalam pertemuan itu pun, PAN dan PDIP mendiskusikan banyak hal dan salah satunya yaitu dukungan kepada calon presiden, yaitu Ganjar Pranowo.

Puan soal Megawati dan Prabowo: Enggak Duduk Dibilang Musuhan, Duduk Bareng Ada Apa Sih

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo turut hadir dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 2 jam itu. Dia merespons soal PAN yang disebut-sebut akan mendukung dirinya maju Pilpres 2024 mendatang.

"(PAN akan dukung Ganjar 100%), InsyaAllah ya," ujar Ganjar Pranowo usai pertemuan dengan PAN, di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Jumat, 2 Juni 2023.

Jimly Asshiddiqie: Gugatan Batas Usia Capres-Cawapres Bikin Malu Jokowi

Ganjar menegaskan, dirinya bersama PDIP telah banyak melakukan komunikasi kepada partai politik lain. Untuk itu, dia akan selalu terbuka untuk berkomunikasi lebih lanjut mengenai kontestasi Pemilu 2024 mendatang.

Puan Maharani: Mas Kaesang Ikut PDI Perjuangan Aja, Yuk!

"Sebelum ini kami komunikasi dengan siapapun karena mereka teman-teman semuanya. Pasti akan dilakukan seperti itu. Jadi, bertemu lah antar pimpinan, duduk bersama dan sebagainya, saya fikir itu cara paling bagus," kata Ganjar. 

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto sebelumnya memberikan kode alias isyarat politik melalui sebuah pantun tentang peluang kerja sama politik antara partainya dengan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mendukung calon presiden Ganjar Pranowo dalam pemilu 2024.

"Pergi tamasya ke Dharmasraya, alamnya indah dan mempesona; PDI Perjuangan dan PAN jalin kerja sama, bergotong royong percepatan kemajuan bangsa," ujar Hasto pertemuan antara Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di kantor pusat PDIP, Jakarta, Jumat, 2 Juni 2023.

Dia pun menjelaskan alasan membawa nama Kabupaten Dharmasraya merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Barat di dalam pantunnya. Wilayah Sumatera Barat menjadi basis terkuat pemilih PAN, katanya.

Hasto juga menjelaskan, pertemuan antara kedua partai ini bagaikan matahari yang menyinari PDIP, seperti halnya logo PAN yang berwarna putih berlatar belakang biru menyerupai matahari.

"Tadi Pak Eddy Soeparno begitu kaget mengapa wartawan begitu banyak? Karena yang datang adalah simbol kemajuan dan matahari yang di dalam marsnya itu tadi menyinari seluruh alam semesta, termasuk juga menyinari kantor PDI Perjuangan pada sore hari ini," ucapnya.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketum PAN Zulkifli hasan.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketum PAN Zulkifli hasan.

Photo :
  • Dok. PAN

Rombongan PAN tiba di DPP PDIP sekitar pukul 14.30 WIB dan pertemuan itu berlangsung pukul 15.00 WIB di kantor pusat PDIP. Zulkifli Hasan alias Zulhas hadir ditemani sejumlah petinggi PAN, di antaranya Wakil Ketua Umum Viva Yoga Mauladi, Sekretaris Jenderal Eddy Soeparno, Bendahara Umum Totok Daryanto, Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay, dan Eko Patrio.

Tampak hadir juga beberapa pejabat teras PDIP, misalnya Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto, Ketua Bidang Kehormatan Komarudin Watubun, Ketua Djarot Syaiful Hidayat, Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul, Ketua Ahmad Basarah, Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adiyanto dan Gubernur Jawa Tengah sekaligus bakal calon presiden, Ganjar Pranowo.

PDIP sudah mendeklarasikan kadernya Ganjar Pranowo sebagai bakal capres 2024. PPP mengikuti langkah PDIP sudah mendukung Ganjar. Selain itu, ada parpol nonparlemen seperti Hanura dan PSI yang juga deklarasikan Ganjar jadi bakal capres.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya