Eks Sekjen Partai Tommy Soeharto Gabung PAN setelah Lima Kali Dirayu Zulkifli Hasan

Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Eks Sekretaris Jenderal Partai Berkarya Priyo Budi Santoso maju sebagai calon legislatif (caleg) untuk dalam Pemilu 2024 dari Partai Amanat Nasional (PAN). Priyo maju dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah IV.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Priyo juga mengungkapkan alasannya bergabung ke PAN karena sudah lima kali diajak oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas. 

"Enggak mudah saya putuskan karena setelah perjumpaan kelima kali, saya akhirnya memenuhi ajakan yang sangat familiar dari sahabat saya Ketum PAN Bang Zulhas," ujar Priyo kepada wartawan saat ditemui di kantor pusat PDIP, Jakarta, Jumat, 2 Juni 2023.

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketum PAN Zulkifli hasan.

Photo :
  • Dok. PAN

Priyo juga mengaku sudah bergabung ke PAN sejak satu bulan lalu. Menurutnya, keputusannya untuk maju caleg dari PAN penuh pertimbangan.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

"Itu yang saya sebut enggak mudah, karena saya sudah lama di Golkar, saya empat periode DPR RI dari Golkar. Setelah itu saya diminta untuk jadi Sekjen Mas Tommy [Soeharto] di Berkarya," kata dia.

Awalnya, Priyo ingin menolak ajakan Zulhas karena berniat berhenti dari dunia politik untuk sementara waktu. Namun, dia teringat kenangan masa-masa bertugas bersama Zulhas dan Pramono Anung ketika di DPR. 

Mantan wakil ketua DPR RI Priyo Budi Santoso ikut hadir dalam pertemuan para petinggi PAN dan PDIP di Kantor pusat PDIP, Jakarta, pada Jumat sore, 2 Juni 2023. Priyo merupakan mantan sekretaris jenderal Partai Berkarya dan sebelumnya politikus Partai Golkar dan sekarang bergabung dengan PAN.

Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Awalnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto memperkenalkan satu per satu kader PAN yang hadir dalam pertemuan. Hasto kemudian menyebut dengan tegas nama Priyo. "Kemudian ini yang menjadi perbincangan khusus ada Mas Priyo Budi Santoso," ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, elite PAN menyebut Priyo telah bergabung ke PAN untuk maju di pemilu anggota badan legislatif (Pileg) pada 2024. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan dia akan maju dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah IV.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya