Elite PDIP Bantah Hubungan Megawati dan Jokowi Retak: Betul-betul Bersatu

Presiden Jokowi dan Megawati di Istana, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

Jakarta - Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan (PDIP), Eriko Sotarduga menjawab isu keretakan hubungan antara ketua umumnya Megawati Soekarnoputri dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama

Eriko menepis itu keretakan itu karena terbukti dari interaksi keduanya saat pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP.

"Tapi kalau kami melihat tadi memang betul-betul bersatu, dan terlihat betul Pak Jokowi mendukung ibu dan Pak Ganjar seperti itu tadi," kata Eriko di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, dikutip Rabu, 7 Juni 2023.

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Selain itu, dia menyinggung ucapan terima kasih Megawati kepada Jokowi karena menghadiri undangan rakernas PDIP. Dia bilang hal itu juga bukan sesuatu yang spesial.

Megawati

Photo :
  • 1486545
Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Menurutnya, di setiap kesempatan Megawati juga kerap mengucapkan terima kasih kepada Jokowi.

"Bagian mana spesialnya? Pasti setiap kali beliau mengucapkan terima kasih karena memang Pak Jokowi sebagai kader partai, tapi juga sebagai presiden," tutur Eriko.

"Ya wajar beliau mengucapkan kehadiran, kepada semua yang hadir juga di pidato resmi beliau menyampaikan terima kasih," sambungnya.

Hubungan Jokowi dan Megawati diisukan retak. Isu itu mencuat ke publik setelah pemberitaan media asing asal Singapura, The Strait Times, tentang keretakan kedua politikus PDIP tersebut. Berita itu diterbitkan pada Kamis, 1 Mei 2023.

Saat rakernas PDIP, Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri mengklaim dirinya sering kali memiliki satu tujuan yang sama dengan Jokowi dalam membangun bangsa dan negara.

Megawati menyampaikan demikian saat mengomentari tema dari Rapat Kerja Nasional (rakernas) III yang mengusung 'Fakir Miskin dan Anak Terlantar dipelihara oleh Negara'.

"Karena saya sama Pak Jokowi tidak janjian, tetapi itu mengekspresikan bahwa saya dan Pak Jokowi sering, bukan sering, acapkali satu tujuan di dalam membangun bangsa dan negara ini," kata Megawati usai pembukaan Rakernas III di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Selasa, 6 Juni 2023.

Megawati menyampaian arahan Presiden Jokowi dalam rakernas akan dibahas dan dirumuskan sebagai hasil rakernas nanti.

"Alhamdulilah, saya merasa bangga, berterima kasih, karena Pak Jokowi saya undang dan dapat hadir, sehingga dapat memperkuat hal-hal yang beliau sampaikan," ujar Megawati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya