AHY Masuk Bursa Cawapres Ganjar Pranowo, PDIP: Kami Serius, Tidak Main-main!

Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Nama Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, masuk dalam salah satu bursa cawapres mendampingi Ganjar Pranowo. PDIP menegaskan keseriusan itu, bukan untuk memecah Koalisi Perubahan yang telah mencalonkan Anies Baswedan sebagai capres.

Cek Fakta: Iwan Fals Bawakan Lagu Dinasti Jokowi saat Konser

Itu ditegaskan oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan (PDIP), Said Abdullah. Dia mengatakan, partainya serius membidik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

"Bagi kami sesungguhnya pilihan-pilihan nama-nama itu kami tidak punya kehendak, tidak punya niat, tidak punya kehendak, dan politik kami adalah politik yang dilandasi etik, moral. Maka ketika menyebut bahwa salah satunya AHY kami serius, tidak main-main," ujar Said Abdullah saat konferensi pers di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Rabu, 7 Juni 2023.

PKS Buka Peluang Koalisi dengan PDIP, Edy Rahmayadi Berpotensi Diusung jadi Cagub Sumut

Said menegaskan, bahwa pihaknya menyebut nama AHY dalam radar cawapres Ganjar tidak untuk memecah belah koalisi yang ada. Di mana, Partai Demokrat sudah membentuk kerja sama politik dengan PKS dan Partai Nasdem dengan membangun Koalisi Perubahan.

"Jangan kemudian diasosiasikan penyebutan AHY hanya akan merusak partai lain, koalisinya, atau dengan segala hormat dan dengan segala kerendahan hati ketika menyebut AHY seakan-akan kemudian akan meremehkan AHY. Itu jauh daripada itu dan memang masuk pertimbangan kami dan itu serius," jelas Said.

Momen Megawati Disambut Patung Pria Kurus Hidung Panjang di Pameran Butet

Sebelumnya diberitakan, Puan Maharani membeberkan beberapa nama tokoh nasional yang masuk ke dalam radar calon wakil presiden (cawapres) untuk maju mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Puan menyebut banyak nama seperti, Menkopolhukam Mahfud MD, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri BUMN Erick Thohir, Menparekraf Sandiaga Uno, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Kalau boleh saya sebut yang ada di media, Pak Mahfud sudah masuk namanya, Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, kemudian ada Pak AHY ya kan? Pak AHY, Pak.. Sopo lagi Mas? Pak Airlangga, ya kan?" kata Puan Maharani saat konferensi pers di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Selasa, 6 Juni 2023.

Dari nama-nama cawapres tersebut, kata Puan, PDI Perjuangan akan mempertimbangkan untuk bisa bekerja sama sesuai dengan visi-misi Ganjar Pranowo. Dia juga menyebut tokoh-tokoh yang masuk ke dalam bursa cawapres itu memiliki kelebihan masing-masing. 

"Nama-nama itu ya termasuk dalam peta yang ada di PDI Perjuangan, kalau boleh saya sebut nama itu dan semuanya tentu punya kelebihan-kelebihan yang nantinya akan dipertimbangkan dan kemudian apakah itu bisa bekerja sama dengan calon presiden dari PDI Perjuangan, sesuai dengan visi-misi, cita-cita, dan lain sebagainya," ucap Puan.

"Jadi nama tetap akan ditentukan nanti tapi belum hari ini. Jadi masih menimbang nama-nama yang ada," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya