PDIP Sebut Cawapres Ganjar Akan Ditentukan Setelah Koalisi Terbentuk

Bakal capres dari PDIP Ganjar Pranowo saat menyampaikan sambutan di Stadion Utama Bima, Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu, 3 Juni 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Putu Indah Savitri

Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) saat ini tengah menggodok nama bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. PDIP akan melibatkan partai politik lain pendukung Ganjar untuk urusan cawapres.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Demikian disampaikan Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah. Dia bilang, pembahasan cawapres Ganjar tak bisa dibahas PDIP sendirian.

Basarah mengatakan kemungkinan jumlah parpol pendukung Ganjar juga akan bertambah. Menurutnya, dalam urusan cawapres jadi kewenangan Megawati selaku Ketua Umum PDIP bersama ketum parpol pendukung Ganjar lainnya.

Gelar Konsolidasi, Megawati Minta Kader PDIP Disiplin, Jujur dan Turun ke Rakyat

"Mungkin akan bertambah beberapa hari kemudian, barulah setelah partai-partai politik itu definitif, Ibu Mega akan membuka pembicaraan dengan ketua umum-ketua umum tersebut," kata Basarah di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu, 7 Juni 2023.

Wakil

Photo :
  • 507450
Megawati Panaskan Mesin Politik PDIP, Pimpin Konsolidasi untuk Pilkada 2024

Menurut dia, PDIP juga akan minta masukan dari Presiden Jokowi dan Ganjar selaku bakal capres.

Dia mengatakan, waktunya penentuan pendamping Ganjar masih cukup panjang. Basarah pun mengamini nama-nama yang beredar seperti Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, hingga Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang masul radar sebagai bakal cawapres.

"Saya kira ini satu yang baik. Tapi nama-nama itu muncul dalam suasana kehangatan dan ini membuat kontestasi Pilpres itu dinamis," ujar dia.

Namun, dia menekankan semua nama itu masih cair, sampai akhirnya PDIP berkumpul dengan para ketua umum parpol pendukung Ganjar.

"Dipikirkan, didudukan lebih jauh oleh Ibu Megawati Soekarnoputri dan nanti akan dibahas ketua umum-ketua umum partai politik lain, Pak Jokowi dan juga Mas Ganjar Pranowo," ujarnya.

Selain PDIP, Ganjar Pranowo sudah diumumkan sebagai bakal capres oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Lalu, ada juga dari parpol non parlemen seperti Hanura dan PSI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya