Yakin Kaesang Maju Pilkada 2024 Lewat PDIP, Said Singgung Ada Aturan Paten

Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta - Putra bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep sudah menyampaikan siap maju sebagai bakal calon Wali Kota Depok di Pilkada 2024. Manuver Kesang jadi perhatian elite partai politik atau parpol.

Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

Ketua DPP PDIP Said Abdullah meyakini, Kaesang akan bergabung ke partai berlogo Banteng untuk maju dalam kontestasi Pilkada 2024.

"Saya yakin Kaesang akan tetap ke PDI Perjuangan," kata Said ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 12 Juni 2023.

PKB Siapkan Calon Potensial di Pilgub DKI 2024, Hasbiallah Ilyas Ungkap Kriterianya

Kaesang Pangarep.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq.

Keyakinan Said didasarkan pada aturan yang ada di PDIP. Dalam regulasi internal, kata dia, satu keluarga harus menjadi kader PDIP. Hal itu karena anggota keluarga lainnya yang telah bergabung lebih dulu.

KPU Penuhi Hanya Dua dari Enam Permohonan ICW terkait Transparansi Sirekap

"Umpama saya, anak saya (maju) lewat partai lain, itu tidak boleh. Dan saya yakin Kaesang juga pas waktunya akan lewat pintu PDI Perjuangan," kata Said.

Lebih lanjut, Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI ini menegaskan, aturan itu bukan baru diberlakukan.

"Peraturan itu bukan saat ini saja, peraturan itu sudah tiga periode. Enggak usah kaget dengan peraturan itu, sudah paten," ujarnya.

Pun, dia mengatakan dengan menegakkan disiplin organisasi merupakan hal yang penting agar kaderisasi di internal parpol berjalan efektif.

"Itulah perlunya adanya kaderisasi berjenjang. Di partai itu ketat kaderisasi kami itu, tidak kemudian main lompat-lompat dan lain sebagainya," katanya.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani juga menyampaikan ajakan agar Kaesang gabung ke PDIP. Namun, ia mengaku belum bertemu dengan putra bungsu Jokowi tersebut.

"Saya sudah sampaikan, mana hayo. 'Mas Kaesang ketemu Mbak Puan, ayo masuk PDI Perjuangan yuk'. Tapi saya memang belum sempat bertemau, belum sempat ngobrol (dengan kaesang)," kata Puan saat ditemui wartawan di sela-sela meyambut kedatangan kontingen Indonesia ASEAN Para Games di Bandara Adi Soemarmo, Sabtu, 10 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya