Pertemuan Sekjen PDIP dengan Sekjen Demokrat Untuk Tindaklanjuti AHY Kandidat Cawapres

Utut Adianto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Jakarta – Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Utut Adianto, mengatakan pertemuan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dengan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya, merupakan tindaklanjut soal kandidat calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Setelah jadi Kader Gerindra, Bobby Nasution Ambil Formulir Bacalon Gubernur Sumut ke 6 Parpol

Nama Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, masuk menjadi salah satu kandidat yang dipertimbangkan mendampingi Ganjar. Walau, Demokrat bersama dengan Nasdem dan PKS telah mendeklarasikan Koalisi Perubahan dan mengusung Anies Baswedan sebagai capres. 

"Yang dibicarakan itu menindaklanjuti apa yang disampaikan oleh ibu Puan Maharani soal para kandidat cawapres atas hal itu para sekjen berkumpul, kebetulan saya diajak pak sekjen untuk menemani," kata Utut kepada wartawan di LPP TVRI, Jakarta, Senin, 12 Juni 2023.

Wawan Daftar Pencalonan Wali Kota Yogyakarta ke PDIP Bawa Bakpia dan Buku

Utut juga menegaskan pertemuan Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan dilakukan dalam waktu dekat. Pertemuan itu juga masih terkait dengan pilpres. 

"Secepat mungkin (pertemuan Puan-AHY), melihat kesiapan kedua beliau, mereka kan sama-sama sibuk. Kita sedang mengupayakan, untuk tanggalnya menunggu kesiapan kedua beliau itu untuk berjumpa, berdialog," katanya. 

Bantah Qodari, Sekjen AMPG Ngaku Jadi Saksi Perjuangan Airlangga Menangkan Prabowo-Gibran

Ketua Fraksi PDIP DPR RI itu juga mengatakan, bahwa Partai Demokrat memberikan respon positif ketika nama AHY muncul dalam radar PDIP sebagai cawapres Ganjar Pranowo. Oleh sebab itu, PDIP akan menindaklanjuti hal tersebut. 

"Kalau lewat saya responnya positif, ini kan terbukti kemudian mengutus sekjen bertemu dengan sekjen ini, artinya kami ada tindak lanjut," ucap dia.

Utut menegaskan PDIP membuka pintu selebar-lebarnya kepada partai politik manapun untuk bekerja sama. Dia membantah soal PDIP yang berupaya meretakkan Koalisi Perubahan yang mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pemilu 2024.

"Kalau ada yang berpendapat, ada orang yang berpendapat ya boleh, analisisnya kan macam-macam. Intinya, PDIP membuka pintu dengan semua pihak, kalo dibilang kita terlalu eksklusif, tidak, kan buktinya kita membuka," pungkasnya. 

Sebagai informasi, Petinggi PDI Perjuangan (PDIP) dikabarkan akan bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ketua DPP PDIP Puan Maharani disebut yang akan menemui AHY.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto saat acara peresmian Kapal RS Terapung Laksmana Malahayati di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Nanti Mbak Puan Maharani akan bertemu dengan mas AHY untuk melakukan dialog," kata Hasto kepada wartawan, Sabtu, 10 Juni 2023.

Meski demikian, kata Hasto, pihaknya tetap menghormati etika politik. Khususnya, bagi partai - partai yang telah berkoalisi dengan partai berlogo banteng tersebut.

"Meskipun demikian dialog kan sesuatu hal yang penting kita bisa berbeda secara politik tetapi ketika ada ruang-ruang dialog apalagi untuk kepentingan rakyat bangsa dan negara itu merupakan hal yang positif," ujar Hasto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya