PPP Akui Pede Tawarkan Sandiaga Uno sebagai Cawapres Ganjar Pranowo setelah Resmi Jadi Kader

Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi.
Sumber :
  • VIVA/Reza Fajri

Jakarta – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi mengatakan bahwa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan resmi bergabung dengan PPP pada Rabu malam, 14 Juni 2023.

Heboh Sekte Sesat Bule di Bali, Ni Luh Djelantik ke Sandiaga Uno: Usir!

"Insyaallah, besok Pak Sandi resmi bergabung [menjadi kader PPP] seperti disampaikan oleh Pak Plt. Ketum Mardiono. Rabu besok jam 18.30 (WIB) setelah magrib," kata Awiek, sapaan karibnya, di kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 13 Juni 2023.

Awiek mengatakan deklarasi bergabungnya Sandiaga ke PPP itu dilangsungkan malam hari lantaran merupakan agenda partai politik. Sebab, Sandiaga Uno masih resmi sebagai pejabat publik sehingga deklarasi itu mesti di luar jam kerja demi menghindari politisasi jabatan.

Viral Bule Cabul Bikin Sekte Sesat di Bali, Sandiaga Uno Buka Suara!

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menghadiri Rapat Pimpinan Nasional Gerakan Pemuda Kabah, organisasi sayap kepemudaan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), di Jakarta Pusat, Rabu malam, 31 Mei 2023.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Dia menyebut bahwa partainya siap untuk memberikan posisi strategis pada tingkat pusat bagi Sandiaga yang dinilainya kaliber tokoh nasional, salah satunya kursi wakil ketua umum PPP.

Dasco: Revisi UU Kementerian untuk Mengakomodasi Kepentingan Kebutuhan

Meski demikian, katanya, Sandiaga tidak akan menempati posisi ketua umum, sekretaris jenderal, ataupun bendahara umum PPP.

"Ya, salah satu opsi (Wakil Ketua UMUM), toh di DPP kan banyak jabatan. Tapi yang jelas bukan ketum (ketua umum), sekjen (sekretaris jenderal), bendahara umum. Nanti akan disampaikan oleh Pak Mardiono, akan kita bahas. Tapi yang jelas posisinya baguslah," katanya.

Dia mengatakan bahwa posisi bagi Sandiaga itu akan diputuskan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PPP yang digelar pada Jumat.

Bakal capres dari PDIP Ganjar Pranowo saat menyampaikan sambutan di Stadion Utama Bima, Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu, 3 Juni 2023.

Photo :
  • ANTARA/Putu Indah Savitri

Dia menyebut posisi Sandiaga untuk diusulkan sebagai salah satu nama bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Ganjar Pranowo juga akan makin terbuka lebar setelah resmi bergabung sebagai kader PPP.

"Mau menawarkan Pak Sandi ke PDIP beliau kan belum kader PPP, kalau sudah jadi kader PPP peluangnya lebih terbuka," ujarnya.

Di awal, Awiek menuturkan bahwa penjajakan PPP terhadap Sandiaga telah dilakukan sejak 2020, menjelang Muktamar PPP. Namun, katanya, pada saat itu Sandiaga mengaku belum bersedia. Baru belakangan Sandiaga bersedia dan segera disambut gembira oleh para kader PPP.

Pada Senin, kepada wartawan, Sandiaga Uno membenarkan rencana PPP akan mengumumkan namanya sebagai kader partai politik tersebut pada Rabu. "Saya juga sudah mendapatkan kabar dan sedang mengatur dan berkoordinasi tentang acara pada hari Rabu, 14 Juni, mungkin nanti teman-teman bisa mendapatkan update-nya," kata Sandiaga.

Sandiaga mengaku belum mengetahui jabatan apa yang akan didudukinya setelah bergabung dengan PPP. Kendati demikian, mantan wakil ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu menegaskan bahwa dirinya tidak mematok jabatan sebagai prasyarat bergabung dengan PPP. Dia bergabung dengan PPP karena merasa memiliki kesamaan visi untuk kemajuan Indonesia. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya