Wapres Cerita Bung Karno 'Paksa' Pemerintah Uni Soviet Bangun Makam Imam Bukhari di Samarkand

Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan istri Wury Ma'ruf Amin saat berziarah ke makam Imam Bukhari di Samarkand, Uzbekistan, Kamis, 15 Juni 2023.
Sumber :
  • ANTARA

Samarkand – Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan presiden pertama RI Sukarno (Bung Karno) pernah mengatakan Kota Samarkand di Uzbekistan adalah kota yang berkesan kuat baginya.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

"Beliau mengatakan Samarkand ini jauh di mata dekat di hati," kata Wapres Ma'ruf Amin usai berziarah ke makam ahli hadis terkemuka Imam Bukhari di Samarkand, Uzbekistan, Kamis, 15 Juni 2023.

Wapres mengatakan bahwa makam Imam Bukhari di Samarkand ditemukan berkat jasa Bung Karno yang mendorong pemerintah Uni Soviet (saat Uzbekistan masih menjadi bagian Uni Soviet) untuk menemukan makam Imam Bukhari.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

"Bung Karno (bilang), 'tidak akan saya datang ke sini lagi kalau tidak dibangunkan (ditemukan dan dibangun makam) Imam Bukhari'. Oleh karena itu, dibangunkan ini. Itu jasa Bung Karno," ujar Ma'ruf.

Gabung Prabowo-Gibran Sebagai Pilihan Baik, Surya Paloh: Ini Pilihan Saya, Pilihan Nasdem

Patung Bung Karno di Lemhanas. Foto ilustrasi.

Photo :

Atas dasar itu pula, Ma'ruf Amin mengusulkan dan mendorong dibangun Sukarno Memorial Library, semacam perpustakaan Bung Karno di kompleks makam Imam Bukhari, untuk mengenang bahwa Bung Karno yang memiliki jasa ditemukannya makam Imam Bukhari.

Wapres telah berbicara dengan Perdana Menteri Uzbekistan Abdulla Aripov mengenai hal tersebut. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya