Jokowi Ingatkan Masyarakat Jangan Salah Pilih Pemimpin karena Situasi Dunia Belum Normal

Tangkapan layar - Presiden RI Joko Widodo menyampaikan arahan saat menghadiri peringatan satu dekade Simpatisan Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu, 18 Juni 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Gilang Galiartha

Bogor – Presiden RI Joko Widodo menitipkan pesan kepada simpatisan Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) agar jangan salah memilih pemimpin dalam Pemilu 2024 karena keadaan dunia masih tidak normal.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Presiden menyampaikan hal itu saat menghadiri peringatan satu dekade Bara JP di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu, 18 Juni 2023. Jokowi menyebut sejumlah pakar memproyeksi sejumlah masalah seperti krisis keuangan maupun krisis pangan belum tentu bisa dipulihkan dalam 5-10 tahun mendatang.

"Saya wanti-wanti di mana-mana dalam keadaan ketidakpastian global masih menyelimuti dunia. Para ahli, para pakar, menyampaikan bisa 5-10 tahun yang akan datang masih belum bisa dipulihkan," kata Jokowi.

Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

Ilustrasi vaksin COVID-19 untuk lansia.

Photo :
  • Istimewa

Oleh karena itu, Jokowi berpesan agar Bara JP dan masyarakat pada umumnya tidak salah memilih pemimpin. Terlebih proyeksi geopolitik maupun geoekonomi global masih tidak normal terdampak perang.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

"Kita lihat mungkin masih dalam jangka tiga tahun, bisa dua tahun, bisa tiga tahun, bisa lima tahun, pergeserannya ke mana. Siapa akan berkawan dengan siapa," katanya.

Jokowi menekankan kembali pentingnya periode 13 tahun ke depan untuk menentukan ke mana arah Indonesia, apakah akan terperangkap dalam jebakan negara berpenghasilan menengah (middle income trap) atau bisa maju.

Menurut Jokowi hal itu menggambarkan betapa pentingnya kepemimpinan 2024, 2029, maupun 2034, sebab Indonesia sebetulnya memiliki kesempatan dan peluang untuk melompat menjadi negara maju.

Ilustrasi infrastruktur listrik

Photo :
  • Dok. PLN

"Negara kita bisa melompat karena infrastruktur yang akan kita bangun ini bisa menjadi pondasi untuk menuju ke sana," katanya.

Selain itu, lanjut Jokowi, kebijakan hilirisasi serta industrialisasi juga memiliki tujuan yang sama yakni menjadi pijakan bagi Indonesia menghindari perangkap middle income trap dan menjadi negara maju.

Di sisi lain, Jokowi juga menitipkan agar Bara JP tidak mengalami perpecahan menyongsong Pemilu 2024 yang sangat mungkin menimbulkan perbedaan pendapat di dalam organisasi simpatisan tersebut.

"Saya ingatkan, kita ini kawan sejak awal loh. Saudara-saudara juga kawan sejak awal. Jangan soal dukung mendukung menjadi perpecahan--jangan. Berbeda enggak apa-apa, ini alam demokrasi, enggak apa-apa," ujarnya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya