Bawaslu Pelajari Kehadiran Gubernur NTB dalam Safari Politik Ganjar Pranowo di Kantor Perindo

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah (kiri) saat satu panggung menghadiri safari politik bakal calon presiden Ganjar Pranowo yang didampingi Ketua Harian DPP Partai Perindo TGB Muhammad Zainul Majdi (kanan) di di Mataram, Minggu, 18 Juni 20
Sumber :
  • ANTARA/Nur Imansyah

Mataram – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nusa Tenggara Barat mendalami kehadiran Gubernur NTB Zulkieflimansyah pada acara safari politik bakal calon presiden Ganjar Pranowo di Kantor DPW Perindo NTB, Minggu, 18 Juni 2023.

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

"Selesai acara, Bawaslu NTB langsung melakukan koordinasi dengan Bawaslu kabupaten dan kota via zoom yang langsung melakukan pengawasan secara melekat di lapangan," kata Ketua Bawaslu NTB Itratif di Mataram, Senin.

Ia mengatakan ada beberapa hal yang disampaikan di antaranya kehadiran Gubernur NTB Zulkieflimansyah. Tetapi dalam kesempatan tersebut Gubernurtidak menyampaikan orasi. "Tentu nanti kita akan dalami berdasarkan fakta-fakta di lapangan lainnya," katanya.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Bakal calon presiden (capres) dari PDIP Ganjar Pranowo saat bersilaturahmi dengan pengurus dan kader PPP Nusa Tenggara Barat (NTB) di Kantor DPW PPP NTB, Jalan Majapahit, Kota Mataram, Minggu, 18 Juni 2023.

Photo :
  • ANTARA/Nur Imansyah

Kendati demikian, kata dia, sesuai aturan yang dilarang adalah memfasilitasi menggunakan APBD atau fasilitas pemerintah lainnya. Kalau hadir silaturahim di kegiatan politik belum ada ketentuan larangan, katanya.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyambangi bakal calon presiden Ganjar Pranowo yang saat itu didampingi Ketua Harian DPP Perindo Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi di Kantor DPW Perindo NTB di Kota Mataram.

Zulkieflimansyah mengaku kedatangannya menemui Ganjar Pranowo bukan karena disengaja melainkan kehadirannya sebagai teman lama yang sama-sama pernah duduk sebagai anggota DPR RI.

"Saya datang karena sama-sama pernah lama di DPR RI dan sebagai teman," ujarnya dikonfirmasi usai bertemu Ganjar Pranowo dan TGB di Kantor DPW Perindo NTB.

Bakal calon presiden Ganjar Pranowo (kedua kanan) berbincang dengan Wakil Ketua Umum PPP Hj Ermalena (kedua kiri) yang didampingi Ketua PPP Nusa Tenggara Barat (NTB) Muzihir (kiri) di Kantor PPP NTB di Kota Mataram, Minggu, 18 Juni 2023.

Photo :
  • ANTARA/Nur Imansyah

Ia menegaskan sebagai teman dan orang yang pernah lama duduk bersama di DPR RI, tentu bersilaturahim dengan Ganjar Pranowo sesuatu hal yang biasa meski berbeda partai.

Oleh karena itu, pertemuannya dalam satu panggung bersama Ganjar dan TGB Muhammad Zainul Majdi yang juga pernah menjabat sebagai Gubernur NTB dua periode, 2008-2018, merupakan sesuatu kewajaran sehingga tidak perlu dibesar-besarkan.

"Jadi, kami ini sekarang sama-sama sebagai gubernur. Makanya begitu diberitahu Ganjar datang, ya, wajar saja, dan biasa-biasa saja," kata kader PKS ini.

Saat berada di atas panggung Ganjar Pranowo menyambut Gubernur NTB dengan ucapan selamat datang. Ganjar bersama TGB menyalami Gubernur NTB yang saat itu mengenakan kaus berwarna hijau.

"Saya kira tadi bajunya PPP atau mau ikut Pak Sandi masuk ke PPP," kata Ganjar yang disambut tepuk tangan dan gelak tawa kader Perindo NTB.

Ganjar mengatakan bahwa dirinya bersama TGB dan Zulkieflimansyah bukan orang yang baru kenal kemarin melainkan sudah mengenal lama karena pernah sama-sama duduk sebagai anggota DPR RI. Selain itu juga sama-sama menjadi gubernur.

"Jadi kami ini sama-sama gubernur. TGB pernah gubernur, saya berdua (Ganjar dan Zulkieflimansyah, red.) masih sebagai gubernur. Jadi dua jabatan yang kami sering ketemu dan berkumpul," katanya.

Oleh karena itu kalau pun tidak dalam satu partai yang sama, menurut Ganjar, adalah wajar.

"Soal beda-beda partai, dikit-dikitlah. Tidak apa-apa, tapi intinya sama seperti itu dan tentu saja saya senang sekali disambut oleh tokoh agama dan tokoh masyarakat teman-teman dari partai pendukung," katanya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya