Puan Maharani Pertimbangkan Undang AHY dalam Peringatan Bulan Bung Karno di GBK

Ketua DPR RI Puan Maharani usai Rapat Paripurna di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 20 Juni 2023.
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta - Puncak peringatan Bulan Bung Karno digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu, 24 Juni 2023. PDIP mengundang sejumlah partai politik (parpol) untuk hadir dalam acara tersebut namun belum dipastikan untuk mengundan Partai Demokrat.

Wakil Bupati Malang Daftar Jadi Calon Wali Kota Batu di DPC PDIP

Ketua Dewan Pengurus Pusat PDIP Puan Maharani tak menjawab secara lugas ketika wartawan menanyakan soal itu kepadanya. Puan mengaku tak tahu perihal undangan untuk parpol sebab yang mengurus ialah Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

"Kita lihat nanti apakah Partai Demokrat atau Ketua Umumnya (Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY) akan kita undang atau enggak. Masih kita lihat dulu undangannya itu siapa saja. Pak Sekjen yang akan mengurus siapa-siapa saja," kata Puan kepada wartawan, seperti dikutip, Jumat, 23 Juni 2023.

Cerita Zulhas Sempat Tolak Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Maunya Erick Thohir

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Plataran Hutan Kota Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu, 18 Juni 2023.

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Sejauh ini, Puan baru mengetahui akan ada beberapa parpol pendukung bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo yang hadir pada puncak peringatan Bulan Bung Karno, antara lain, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Perindo, dan Hanura.

Anies soal Tawaran Bikin Partai Perubahan: Itu Kreativitas Orang di Medsos

Selain mengundang para parpol, Puan juga menyebut PDIP turut mengundang para menteri di Kabinet Indonesia Maju untuk hadir pada puncak peringatan Bulan Bung Karno. Namun, ia belum dapat memastikan siapa saja menteri yang bakal hadir.

Pada Minggu lalu, Puan Maharani bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kawasan Hutan Kota Plataran, Gelora Bung Karno (GBK). Keduanya bertemu usai melakukan olahraga pagi.

Dalam pertemuan tersebut, AHY sempat menyinggung soal politik rekonsiliasi yang sangat dibutuhkan dan dinantikan masyarakat. Demokrat dan PDIP, katanya, merupakan dua partai yang memiliki pengalaman yang baik di dunia politik, sebagai partai penguasa maupun partai oposisi.

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono bertemu Puan Maharani

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Maka, ia ingin pertemuan dengan Puan Maharani dapat membuka ruang dialog lebih luas, terutama dalam membicarakan isu-isu kebangsaan dan rakyat serta mencari solusi bersama dalam mengatasi masalah yang ada di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Puan berharap itu bukan pertemuan terakhir dengan AHY maupun kader Partai Demokrat. Ia ingin ada kesepakatan dan kesamaan yang dihasilkan untuk Indonesia.

"Jadi, ini mungkin pertemuan yang pertama tapi, insyaallah, bukan pertemuan yang terakhir. Dan untuk bisa mencapai kesamaan itu tentu kita perlu waktu untuk kemudian sering-sering ketemu supaya bisa ngobrol-ngobrol hal yang memang diinginkan," kata Puan.

Lebih lanjut, Puan menekankan pihaknya bersama AHY dan jajaran kader Demokrat berharap agar Pemilu 2024 dapat berjalan dengan gembira. Kata dia, pesta demokrasi harus menjadi pestanya seluruh rakyat Indonesia. 

"Kami berharap bahwa pemilu ke depan ini adalah pemilu damai, pemilu yang gembira pemilu yang bisa membuktikan bahwa pesta demokrasi rakyat itu adalah pestanya seluruh rakyat Indonesia," tandas Puan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya