Disinggung Isu HAM Tiap Pemilu, Prabowo: Kalau Percaya, Enggak Usah Pilih Saya

Prabowo Subianto Bertemu Pemimpin Redaksi Media Nasional
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto buka suara soal munculnya isu pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) 1998 setiap Pemilihan Umum (Pemilu) yang selalu dikaitkan dengan dirinya.

Tegas Prabowo Subianto: Kalau Tidak Mau Diajak Kerja Sama, Jangan Ganggu

Menurutnya, isu pelanggaran HAM itu sah-sah saja muncul ke permukaan publik. Pun, di negara demokrasi juga kata Prabowo, rakyat dapat menilai dan menentukan sendiri siapa sosok pemimpin yang akan dipilih.

"Setiap kali eskalasi politik menghangat, di Pemilu 2014, 2019 dan belum lama ini muncul lagi, isu HAM pak, keterlibatan Pak Prabowo di peristiwa 98 itu selalu muncul setiap kali menghangat. Apa tanggapan bapak soal itu?" tanya Najwa Shihab seperti dikutip dari tayangan Mata Najwa, Sabtu, 1 Juli 2023.

Pilkada Jakarta dan Jawa Barat, Zulhas Bilang PAN Tetap Bersama Gerindra

Menhan Prabowo Subianto menyambangi Koramil 0912 di Lembang.

Photo :
  • Viva.co.id/ Yeni Lestari

"Jadi saya selalu dibilang inilah, itulah mengkudeta dan sebagainya, menculik, pembunuh ya jadi bagaimana ya, saya mau apakan ya. Dan begini ini kan demokrasi, kalau rakyat percaya semua tudingan itu, ya enggak usah pilih saya," jawab Prabowo.

Janji Prabowo Subianto ke PAN yang Setia Mendukungnya

Prabowo menjelaskan, isu pelanggaran HAM itu muncul sejak dirinya mengikuti konvensi Partai Golkar pada 2004 lalu. Kemudian berlanjut saat Prabowo maju Pilpres 2009 sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk calon presiden Megawati Soekarnoputri, hingga Pilpres 2014 dan 2019.

"Memang setiap kali saya ikut apalagi kalau angka polling saya agak bagus ya mulai keluar ini dan sebagainya. Ini saya kira dalam kehidupan politik dimana itu biasa apalagi demokrasi liberal," ungkapnya.

Prabowo mengatakan isu pelanggaran HAM yang terus muncul ini sebagai salah satu resiko dirinya menjadi prajurit TNI. Pun, selama menjadi prajurit, Prabowo menyebut dirinya sudah menjalankan tugas sesuai dengan sumpahnya.

"Saya anggap ini resiko saya sebagai prajurit, saya telah melaksanakan tugas saya sebaik-baiknya sesuai sumpah saya. Saya pertaruhkan nyawa saya berkali-kali untuk republik, untuk rakyat," tegas Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya