Approval Rating Jokowi Moncer, Elektabilitas PAN Melonjak Jelang Pemilu 2024

Zulkifli Hasan Pimpin Langsung Pendaftaran Bacaleg PAN ke KPU
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta - Dalam hasil beberapa lembaga survei, tingkat kepuasan publik atau approval rating terhadap kinerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi cukup tinggi. Aproval rating Jokowi yang moncer itu berpengaruh terhadap Partai Amanat Nasional (PAN) yang dipimpin Zulkifli Hasan atau Zulhas.

Kewajiban Sertifikasi Halal Produk UMK Ditunda, Menag: Bentuk Keberpihakan Pemerintah

Pengamat Politik Universitas Trunojoyo, Surokim Abdussalam menganalisa kondisi dengan approval rating Jokowi yang di atas 75 persen maka berdampak positif terhadap parpol yang seirama dengan eks Wali Kota Solo tersebut.

Dia menambahkan, kinerja Ketua Umum PAN Zulhas sebagai Menteri Perdagangan turut memberi peranan mendongkrak daya elektoral PAN menuju Pemilu 2024.

Respons Ketua KPU Usai Disanksi DKPP Gegara Kebocoran Data Pemilih

"Kepuasan Presiden di atas 75 persen. Saya kira itu akan mendorong partai yang bisa seirama, sefrekuensi dengan presiden Jokowi (mendapat efek ekor jas)," kata Surokim, dalam keterangannya, Jumat malam, 30 Juni 2023.

Zulkifli Hasan Pimpin Langsung Pendaftaran Bacaleg PAN ke KPU

Photo :
  • Dok. Istimewa
Viral, Ibu-Anak di Muna Luka-luka Tertimpa Pohon Jatuh Imbas Helikopter Jokowi

Analisa Surokim juga terekam jelas dalam hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) terbaru pada Juni. Dari potret survei IPO melaporkan, PAN memperoleh elektabilitas sebesar 5 persen.

Survei IPO menyampaikan, elektabilitas PAN berhasil menyalip PKS yang hanya meraih 4,8 persen. Dengan hasil survei IPO tersebut, PAN tembus bahkan melewati ambang batas parlemen yang ditetapkan sebesar 4 persen.

Sementara, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jakarta, Eko Hendro Purnomo menuturkan elektabilitas PAN yang meroket. Dia mengatakan karena pihaknya berhasil menjalankan tugas Jokowi di pemerintahan terutama kinerja Zulhas selaku Mendag.

Eko menyebut figur Zulhas yang loyal dan kerja keras menyesuaikan program Jokowi.

"Meroketnya popularitas dan elektabilitas PAN karena sosok dan kinerja fenomenal Pak Zulkifli Hasan yang dengan setia dan loyal serta kerja keras menyukseskan program Presiden Jokowi yang pro rakyat," tutur Eko.

Selain itu, menurut dia, program yang PAN hadirkan untuk membantu rakyat dinilai berhasil dirasakan masyarakat luas. Misalnya, kata dia, program bahan pokok murah bernama PANsar murah dinilai berhasil bantu masyarakat memenuhi kebutuhannya.

“Kerja-kerja politik PAN yang dikomandoi Pak Zulkifli Hasan semakin mendapatkan tempat di hati rakyat, tentu kita harus berterima kasih kepada masyarakat,” ujar Eko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya