Polisi: YL Anak Buah Egianus Kogoya Berperan sebagai Intel KKB di Kenyam

Aparat keamanan bersiaga di bandara Kenyam, ibu kota Nduga, Papua Pegunungan.
Sumber :
  • ANTARA

Nduga – Kapolres Nduga AKBP Rio Alex Penelewan mengakui bahwa dari hasil pemeriksaan terhadap YL terungkap bila tersangka merupakan intel kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang bertugas memata-matai aparat keamanan di Kenyam, Ibu kota Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Terpopuler: SYL Bayar Biduan Pakai Uang Korupsi, Jokowi Down dan Tangerang Banjir

"Memang benar dari hasil pemeriksaan terungkap YL yang ditangkap di Kenyam, Kamis, adalah anggota KKB pimpinan Egianus Kogoya yang merupakan bagian dari intel kota," kata AKBP Rio, Jumat, 30 Juni 2023, sebagaimana dilansir dari ANTARA.

Tugasnya adalah memata-matai aparat keamanan dan melaporkan ke KKB, seperti yang dilakukannya sesaat sebelum terjadinya penembakan terhadap anggota TNI AU yang bertugas mengamankan lapangan terbang Kenyam.

Pesan Jokowi ke Menko PMK Muhadjir: Gudang Pangan di Papua Diisi Makanan Khas Lokal

Dia menjelaskan KKB sebelum menyerang dan menembaki aparat keamanan, YL melaporkan info tentang pasukan yang mau ke bandara dan setelah mendapat laporan tersebut anggota KKB langsung melakukan penembakan.

KKB Serang Polsek Homeyo, Seorang Warga Sipil Tewas Tertembak

KKB Serang Anggota TNI di Kabupaten Nduga Papua

Photo :

Tidak ada korban jiwa dalam insiden penembakan yang terjadi Rabu. YL bergabung dengan KKB sejak tahun 2018 dan sering keluar masuk Kenyam. Saat ditangkap tidak ada perlawanan dari YL.

Ketika ditanya tentang situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Polres Nduga, Rio mengaku relatif aman namun anggota senantiasa siaga dan waspada. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya