Mardiono Terus Lobi Megawati Agar Sandiaga Jadi Cawapres Ganjar

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berswafoto dengan Plt Ketua Umum PPP Mardiono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sekjen PPP Arwani Thomafi usai melakukan pertemuan di kantor pusat PDIP, Jakarta, Minggu, 30 April 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Galih Pradipta

Jakarta - Ketua DPP PPP Usman M Tokan alias Donnie menegaskan Plt ketua umum PPP, Muhamad Mardiono terus melobi Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri terkait calon wakil presiden Ganjar Pranowo.

Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

PPP sendiri mengusulkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sebagai kandidat yang akan mendampingi Ganjar di Pemilu 2024. Untuk itu, Donnie mengatakan Mardiono terus merayu Megawati agar Sandiaga dipilih untuk mendampingi Gubernur Jawa Tengah itu di Pilpres 2024.

"Ketua Umum PPP terus berupaya melobi pemangku kepentingan agar harapan kader dan simpatisan PPP di seluruh Indonesia bisa terwujud dengan menyandingkan Mas Ganjar dan kader PPP untuk capres dan cawapres, insya Allah,' ujar Donnie saat dihubungi wartawan, Jumat, 30 Juni 2023.

Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Dipastikan Tak Bisa Terjadi, KPU Ungkap Alasannya

Politikus PPP Donie Tokan

Photo :
  • VIVA/Edwin Firdaus

Sandiaga senidiri, kata Donnie, sudah diusung sebagai cawapres Ganjar sejak keputusan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PPP.

Profesor Ilmu Politik Sayangkan jika Sri Mulyani Jadi Calon Kepala Daerah

"PPP tetap konsisten melaksanakan keputusan Rapimnas yaitu memutuskan Pak Sandi untuk menjadi calon wakil presiden mendampingi Mas Ganjar di Pemilu 2024 yang akan datang," katanya.

Adapun kode dari Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto menyebut bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masuk kandidat cawapres Ganjar, Donnie mengatakan pihaknya menganggap sebagai hal yang wajar.

Pasalnya, PDIP memiliki kuasa penuh untuk menentukan cawapres untuk capresnya. Selain itu, sampai saat ini PDIP juga belum menentukan satu kandidat cawapres yang akan mendampingi Ganjar.

"Berita yang berkembang soal pernyataan petinggi PDIP tentang kandidat cawapres pernah menyebut beberapa nama itu sah-sah saja karena PDIP memiliki kewenangan yang besar dalam memutuskan cawapres," kata dia.

Pihaknya memandang semua tokoh yang masuk radar PDIP sebagai cawapres juga memiliki elektabilitas tinggi, sehingga PPP tidak masalah.

Sebagai informasi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) meyakini Sandiaga Uno bakal menjadi cawapres bagi capres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi menilai duet Ganjar-Sandiaga berpotensi menang dalam satu putaran.

“Pasangan Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno kami yakin bisa menang Pilpres 2024 satu putaran,” kata Ketua DPP PPP Achmad Baidowi.

Baidowi pun kembali secara tegas PPP mendukung Ganjar sebagai calon presiden dalam Pilpres 2024 mendatang.

Alasan dukungan tersebut adalah karena Ganjar Pranowo dianggap memiliki rekam jejak yang kompeten dan memiliki kesesuaian dengan elite politikus PPP. 

Menparekraf Sandiaga Uno dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

Lebih lanjut, Achmad Baidowi mengungkapkan, Sandiaga Uno memiliki basis suara yang kuat dan elektabilitasnya termasuk yang tertinggi di Indonesia. Hal ini didukung oleh hasil survei dan pengalaman Sandiaga Uno di pemerintahan. 

Oleh karena itu, PPP dengan tegas mengusulkan pasangan Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno, dan disebutkan bahwa PDI Perjuangan (PDIP) juga memberikan sinyal dukungan positif saat PPP mengusulkan nama Sandiaga Uno. 

“Sinyal dukungan dari Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri juga positif saat PPP sodorkan nama Sandiaga Uno,” ujar Achmad Baidowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya