Pamer Foto Diundang Raja Arab, Anies Dinilai Ingin Dapatkan Efek Elektoral

Yusuf Mansur bersama dua bacapres Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • ANTARA Foto

Jakarta – Dua bakal capres 2024, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sama-sama menunaikan ibadah haji pada 2023.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Keduanya juga sama-sama dijamu makan siang oleh Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud di Makkah pada Kamis kemarin, 29 Juni 2023.

Namun, dari pantauan akun media sosial keduanya, hanya Anies yang beberapa kali mengunggah momen ibadah haji serta jamuan dari Kerajaan Arab Saudi. Sementara Ganjar tidak ada mengunggah kegiatan ibadahnya selama di tanah suci.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Pengamat politik Karyono Wibowo mengatakan Anies beberapa kali mengunggah foto kegiatan bersama Kerajaan Arab Saudi tersebut meskipun itu suatu hal yang lumrah.

"Tidak ada yang salah dari yang dilakukan Anies, hanya saja terkesan pamer dan ingin mendapat pengakuan bahwa dirinya diundang Raja Salman," ujar dia saat dihubungi, Sabtu, 1 Juli 2023.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Anies Baswedan foto bareng dengan Pangeran Muhammad bin Salman al-Saud (MBS)

Photo :
  • instagram @aniesbaswedan

Dia menilai tindakan Anies itu sebagai upaya mendapatkan efek elektoral. "Anies mungkin sengaja mengkapitalisasi momen kebersamaaan dengan Raja Salman untuk membangun citra diri dengan harapan mendapat simpati umat muslim," ujar dia.

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad pun membandingkan perbedaan antara Anies dan Ganjar dalam menjalankan ibadah haji.

Menurut Saidiman, tindakan Anies mengunggah kegiatan undangan makan siang oleh Raja Salman semacam bentuk pengakuan.

"Ya, saya juga melihat ada perbedaan antara Ganjar dan Anies dalam memperlakukan ibadah haji yang mereka ikuti. Setidaknya itu terlihat dari unggahan di masing-masing akun media sosial mereka, terutama Instagram," ujar Saidiman.

Dia menyebut Anies sejak berangkat sudah mengunggah postingan soal perjalanan hajinya. Hal tersebut berbeda jauh dengan Ganjar Pranowo yang terlihat elegan dengan tidak mengunggah kegiatan dan ibadah yang dilakukannya.

"Sementara Ganjar tidak punya postingan sama sekali soal itu," kata dia.

Dia pun menilai unggahan Anies itu menunjukkan karakternya lebih banyak memanfaatkan setiap momen. "Sementara Ganjar lebih selektif," imbuh dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya