Pengamat Nilai Anies Manfaatkan Momen Jamuan Raja Salman untuk Pilpres

Anies Baswedan foto bareng dengan Pangeran Muhammad bin Salman al-Saud (MBS)
Sumber :
  • instagram @aniesbaswedan

Jakarta – Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud bukan hanya mengundang Anies Baswedan dalam jamuan makan siang di Makkah, Arab Saudi, Kamis, 29 Juni. Ternyata, bakal capres Ganjar Pranowo yang sedang melaksanakan ibadah haji juga menjadi salah satu orang yang diundang.

Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

Menariknya, Ganjar sama sekali tidak memamerkan momen ibadah haji dan saat berada di dalam acara itu. Berbeda dengan Anies yang memamerkan aktifitas ibadah hajinya sejak sebelum berangkat hingga saat menjadi tamu dalam acara Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud.

Pengamat politik Saidiman Ahmad menilai perbedaan itu memperlihatkan karakter kedua tokoh. Dia berkata Ganjar lebih selektif, sedangkan Anies lebih banyak memanfaatkan momen.

Badan Saksi Nasional Golkar Optimis Menang 70 Persen di Pilkada 2024

“Mungkin itu menunjukkan karakter masing-masing tokoh. Anies lebih banyak memanfaatkan setiap moment, sementara Ganjar lebih selektif,” ujar Saidiman kepada wartawan.

Yusuf Mansur bersama dua bacapres Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Photo :
  • ANTARA Foto
Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Namun, Saidiman enggan bicara lebih jauh kenapa Anies dan Ganjar terlihat kontras. Dia hanya menyebut momen yang dimanfaatkan Anies ada kaitannya dengan Pilpres 2024.

Diketahui, keberadaan Ganjar di Tanah Suci Mekkah terungkap dari unggahan orang lain, salah satunya dari akun media sosial ustaz Yusuf Mansur. Dalam unggahannya, dia mengaku bahagia bisa berada dalam acara Raja Salman bersama dengan Ganjar dan Anies.

Momen super langka kalo buat saya pribadi. makan di Jamuan Raja, izin Allah, Sang Maha Raja Diraja. diapit Pak @aniesbaswedan dan Pak @ganjar_pranowo. Ditemani pula oleh Ketua Dewan Pers, Ibu Ninik Rahayu @ninikr2309,” ujar Yusuf Mansur dalam unggahannya di Instagram.

Dalam foto yang diunggah Yusuf Mansur, Ganjar Pranowo terlihat mengenakan kemeja putih. Sedangkan Anies Baswedan mengenakan batik. Keduanya duduk mengapit Yusuf Manzur yang juga hadir pada acara tersebut.

Dari hasil pantauan media sosial, Ganjar sama sekali tidak mengunggah kegiatan yang berhubungan dengan ibadah haji yang ia lakukan. Dari apa yang terlihat di media sosial seminggu terakhir, sang bakal calon presiden masih rutin mengunggah program di Jawa Tengah serta pertemuan dengan Kaisar Jepang, pekan lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya