Relawan Jokowi Dukung Prabowo, Pakar: Tanda-tanda Mungkin Kurang Nyaman dengan PDIP

Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi (kanan).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Jakarta - Manuver relawan militan pendukung Jokowi, Pro Jokowi (Projo) yang melempar sinyal kuat melabuhkan dukungan Prabowo Subianto sebagai bakal capres jadi perhatian. Projo belum lama ini menjamu serta bertemu relawan serta tim pemenangan Prabowo.

Elite PDIP Harap Prabowo Jalankan Ajaran Bung Karno Wujudkan Trisakti

Pakar politik dari Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menganalisa mulai terlihatnya relawan Jokowi yang justru mendukung Prabowo di 2024 karena sejumlah faktor. Dia membaca, faktor utama karena mungkin aspek ketidaknyamanan.

Menurut Ujang, basis relawan yang all out mendukung Jokowi di Pilpres 2014 dan 2019 mungkin seperti menunjukkan kekecewaannya ke PDIP yang mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai bakal capres 2024.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

“Saya melihatnya tanda-tanda relawan Jokowi mungkin kurang nyaman di PDIP. Karena mungkin relawan-relawan itu tidak diurus oleh PDIP,” kata Ujang, Senin, 10 Juli 2023.

Timses dan relawan Prabowo temui pentolan Projo.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari
Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

Ujang menyebut, saat ini sudah banyak relawan Jokowi yang mendukung Prabowo. Itu tampak berbeda saat Pilpres 2014 dan 2019 para relawan Jokowi bergemuruh menyuarakan sikap mendukung PDIP.

Kata dia, selain Projo, ada Ganjar Mania yang berubah haluan jadi Prabowo Mania.

“Saat ini ketika PDIP mengusung Ganjar, relawan Jokowi nggak ada gemuruhnya. Memang banyak relawan Jokowi yang mendukung Prabowo sekarang. Jokowi Mania saja sudah ada di Prabowo,” kata dosen Universitas Al-Azhar Indonesia itu.

Sebelumnya, relawan Prabowo 08 dan sebagian tim pemenangan Prabowo mendatangi kantor DPP Projo. Kedatangan relawan Prabowo itu diterima langsung oleh pentolan Projo seperti Budi Arie Setiadi dan Panel Barus.

Bahkan, dalam kesempatan itu, Budi melempar pujian ke Prabowo sebagai patriot sejati yang mengajarkan pentingnya persatuan nasional.

Adapun relawan Jokowi Mania atau JoMan yang sebelumnya dukung Ganjar dengan Ganjar Mania juga berubah haluan. Mereka pada pertengahan Februari 2023 mendeklarasikan dukung Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya