Eks Panglima TNI Andika Perkasa: Saya Lebih Cocok untuk Mendukung Mas Ganjar

Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Mantan panglima TNI Andika Perkasa menyatakan lebih memilih mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dalam Pilpres 2024 ketimbang Prabowo Subianto.

Penyebab Raibnya Foto Jokowi di Kantor PDIP Sumut Terungkap, Kini Sudah Terpasang Lagi

"Saya lebih cocok untuk mendukung mas Ganjar," kata Andika Perkasa dikutip dari akun YouTube CNN Indonesia, Selasa, 11 Juli 2023.

Andika karena memiliki alasan tersendiri untuk lebih memilih Ganjar Pranowo dibandingkan dengan nama calon presiden lain yang sering muncul, seperti Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Ganjar Pranowo hadiri syukuran HUT PP Polri ke-24

Photo :
  • Istimewa

"Saya yakin tiga-tiganya memiliki tujuan yang sama menjadikan Indonesia negara yang lebih maju, tetapi kan secara personal kita punya preference; secara personal, saya lebih pas mendukung Mas Ganjar," ujarnya.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Kemudian, Andika juga mengaku pernah berdiskusi politik dengan sang mertua, yaitu Abdullah Mahmud Hendropiyono yang merupakan seorang mantan perwira tinggi TNI AD.

Menurut Andika, Hendropiyono sudah lebih dulu terjun ke dunia politik ketimbang dirinya. Andika juga membantah ada campur tangan sang mertua terkait isu tim pemenangan Ganjar Pranowo yang dikaitkan dengan dirinya. 

"Oh, enggak [ada campur tangan Hendropiyono]. Walaupun saya pernah bicara dengan mertua saya, tidak ada kita membicarakan itu dan apalagi arahan, itu gak ada," ujarnya.

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Photo :
  • Sherly/VIVA.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) turut mengundang sejumlah partai politik untuk hadir dalam acara puncak Bulan Bung Karno. Tak hanya partai politik yang diundang untuk hadir, tokoh-tokoh petinggi di Indonesia pun turut diundang. Salah satu yang diundang yakni mantan Panglima TNI Jenderal TNI (purn) Andika Perkasa.

"Ya, kami undang Pak Andika, karena sebelumnya beliau sudah nyekar pada peringatan wafatnya Bung Karno. Kemudian berkomunikasi sama Ibu (Megawati), dan beberapa hari sebelumnya saya juga bertemu dengan Pak Andika," ujar Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Stadion GBK, Jakarta, Sabtu, 24 Juni 2023.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan nama eks panglima TNI Andika Perkasa masuk ke dalam daftar pimpinan tim pemenangan Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024.

Puan mengaku mendapat tugas untuk menyusun tim pemenangan Ganjar. Menurut dia, nama Andika masuk dalam daftar tim yang akan disusunnya itu.

Sementara itu, Andika buka suara soal isu yang beredar menyatakan bahwa dirinyalah ketua Tim Sukses Pemenangan Ganjar Pranowo pada Pemilu Presiden (Pilpres) tahun 2024.

Menurutnya, belum ada keputusan pasti dalam pembentukan timses pemenangan Ganjar Pranowo. Kemudian, Andika mengaku siap jika memang mendapatkan tugas menjadi ketua Timses Pemenangan Ganjar Pranowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya