Berlatar Belakang Militer, Andika Perkasa Dianggap Tepat Dampingi Ganjar

Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa
Sumber :
  • Istimewa

JakartaKelompok yang mengatasnamakan Barisan Rakyat Andika Perkasa Indonesia (Bara API) mendukung Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa untuk menjadi bakal cawapres mendampingi Ganjar Pranowo.

Koalisi atau Oposisi? Ganjar Sebut Sikap PDIP Akan Diumumkan Megawati di Kongres 2025

Ketua Umum Bara API Adi Kurniawan mengklaim pasangan Ganjar harus orang yang memiliki latar belakang militer, sebab berkaitan dengan situasi geopolitik.

"Kami melihat situasi bahwa memang harus militer yang harus jadi cawapres Ganjar Pranowo. Kenapa? Karena ini berkaitan soal geopolitik," kata Adi dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, 11 Juli 2023.

PDIP Bentuk Tim Pemenangan Nasional Pilkada 2024, Tak Ada Nama Ganjar

Relawan Bara Api deklarasikan dukungan Andika Perkasa cawapres Ganjar.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Adi lebih jauh menilai, situasi internasional sedang mengalami gonjang-ganjing saat ini. Karena itu, cawapres berlatar belakang militer sangat tepat untuk mendampingi Ganjar. “Siapa itu? Ya Andika Perkasa," kata Adi. 

Daftar Capres Iran Pengganti Ebrahim Raisi Diumumkan 11 Juni

Adi sendiri tak menampik ada tokoh militer lain yang namanya masuk bursa bakal capres-cawapres, seperti Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Namun, jika melihat rekam jejak, pihaknya meyakini Andika jauh lebih mumpuni. 

"Walaupun menurut hasil daripada survei itu ada Pak Prabowo, ada AHY, tetapi menurut kita yang paling layak itu adalah Andika Perkasa. Karena bicara rekam jejak, Andika itu berhasil memimpin institusi TNI, di mana ketika beliau jadi panglima, banyak pembangunan-pembangunan yang dilajukan oleh Andika Perkasa," ujarnya.

Selain itu, Adi melanjutkan, Andika Perkasa adalah sosok yang tidak memiliki cacat hukum. Baik saat aktif sebagai prajurit maupun setelah purnawirawan. 

"Beliau adalah tokoh berprestasi, beliau tokoh militer yang memiliki segudang penghargaan, prestasi, sehingga menurut kami beliau sangat layak mendampingi Ganjar Pranowo,” katanya. 

Diketahui, selain masuk bursa cawapres yang dibidik PDIP, Andika Perkasa juga menjadi salah satu kandidat menjadi ketua tim sukses (timses) pemenangan Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Anies Baswedan saat nyoblos Pemilu 2024

Deklarasi Dukung Anies Maju Pilgub Jakarta, FBJ: Jadi Magnet yang Sangat Menarik

Anies Baswedan dinilai sebagai figur potensial untuk menang lagi di Pilgub Jakarta 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 Mei 2024