AHY Serahkan Urusan Cawapres ke Anies: Mudah-mudahan Bawa Kemenangan

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.
Sumber :
  • Twitter AHY @AgusYudhoyono

Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) angkat bicara soal sosok calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi bakal calon presiden Anies Baswedan maju di Pilpres 2024. Ia berharap, sosok cawapres itu dapat membawa kemenangan.

PKS Buka Peluang Koalisi dengan PDIP, Edy Rahmayadi Berpotensi Diusung jadi Cagub Sumut

"Kita semua berharap siapapun itu nanti yang terpilih mudah-mudahan bisa membawa kemenangan yang baik, memiliki kans yang baik, yang bisa sukses dalam perjuangan," kata AHY kepada wartawan di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa malam, 12 Juli 2023.

Bagi AHY, Demokrat ikut perjuangan besar dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Kata dia, perlu upaya untuk saling menguatkan.

Pilgub Banten 2024 Tanpa Calon Perseorangan

"Saling melengkapi sebagai pasangan yang bisa mempersatukan segala energi besar dari masyarakat yang pro perubahan," lanjut AHY.

Anies Baswedan dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY di kantor DPP Demokrat.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Sekjen Gerindra: Prabowo Akan Menepati Janjinya setelah Dilantik

Pun, dia menyampaikan saat ini, Anies bersama KPP tengah melakukan ikhtiar politik. Anies pun diberikan kewenangan penuh untuk menentukan langkah ke depan, termasuk soal bacawapres.

"Ini semua dalam ikhtiar politik yang sedang dijalankan kami, semangatnya adalah membangun Koalisi Perubahan. Tentu, kami memberikan sepenuhnya kepada capres Mas Anies Baswedan untuk pada saatnya menetapkan dan mendeklarasikan secara terbuka siapa yang akan dipilih menjadi cawapres," tuturnya.

Cawapres Masih Misteri

Figur bacawapres Anies sejauh ini masih belum diketahui. Dari elite KPP dalam Tim Delapan mengklaim Anies sudah mengantongi satu nama bacawapres. Menurut Jubir Anies yang juga Anggota Tim Delapan, Sudirman Said, Anies akan mengumumkan nama cawapres pendampingnya di hari yang baik. Namun, tak diketahui persis waktu hari baik yang dimaksud.

Dari Nasdem melalui Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya pernah menyampaikan deadlina pengumuman cawapres adalah 16 Juli 2023. Dia bilang satu nama bacawapres sudah disepekati dan diserahkan kepada Anies.

"Tanggal 16 Juli 2023 deadline, waktu yang kita tetapkan deklarasi semuanya. Tapi, kalau ada waktu yang lebih presisi sebelum itu akan lebih bagus ya," kata Willy kepada wartawan di Nasdem Tower, Jumat, 2 Juni 2023.

Willy menjelaskan, keputusan nama bakal cawapres dari tim 8 itu telah disampaikan Anies Baswedan ke Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat bertemu di Pacitan, Jawa Timur. 

Kemudian, Anies juga menyampaikan keputusan tim 8 terkait dengan sosok bacawapres itu ke Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

"Cawapres itu sudah kita putuskan di tim 8 jadi 1 nama iya, dan kemarin Mas Anies ke Pacitan untuk menyampaikan hasil tim 8 ke Pak SBY dan Mas AHY, hari ini ke Pak Surya Paloh, nanti ke Presiden PKS dan Habib Salim," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya