Nasdem Konsolidasi Akbar di GBK 16 Juli: Anies Akan Pidato, Jokowi Tak Diundang

Pengurus DPP Nasdem konferensi pers soal konsolodasi akbar di GBK 16 Juli 2023.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ilham Rahmat

Jakarta - Partai Nasdem akan menggelar Apel Siaga Perubahan (ASP) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, pada Minggu 16 Juli 2023. Dalam acara konsolidasi nasional Nasdem itu ditaksir akan dihadiri lebih 100 ribu kader dari seluruh wilayah Tanah Air.

Putu Rudana: RI Harus Ada Omnibus Law, Kaukus Air DPR untuk Bantu Turut Berperan

Acara konsolidasi juga itu bakal mengundang bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Rasyid Baswedan.

Perhelatan itu juga bakal diisi oleh pidato politik dari Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh dan juga bakal Capresnya, Anies Baswedan.

Jokowi Harap Wafatnya Presiden Iran Tak Berdampak pada Harga Minyak Dunia

Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Nasdem yang juga Ketua Pelaksana ASP Ahmad Ali menjelaskan, giat ASP merupakan kegiatan internal NasDem. Dengan demikian, Nasdem tidak mengundang pihak lain sekalipun.

Anies Baswedan Calon Presiden Partai Nasdem di HUT Nasdem

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Respons Jokowi Tak Diundang Rakernas PDIP ke-V

Dia menegaskan, Nasdem juga tidak mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi).  Begitu juga dengan menteri yang bukan kader tak diundang oleh Nasdem.

"Tidak (mengundang Pak Jokowi), karena kegiatan pada tanggal 16 Juli ini adalah kegiatan internal partai politik. Jadi, kita tidak mengundang pihak-pihak ekternal termasuk pemerintah yang non kader Partai Nasdem," kata Ali di DPP Partai Nasdem, Rabu, 12 Juli 2023.

Lebih lanjut, Ali menambahkan, pihaknya juga tidak undang para simpatisan ataupun relawan Anies Baswedan. Sebab, menurut dia, kelompok relawan pendukung itu terafiliasi pada koalisi bakal capres bukan dari internal Nasdem.

Namun, dia mengatakan status kepala daerah yang merupakan kader Nasdem tentu diundang.

"Itu prinsip kenapa kita tak mengundang menteri dan lain-lain, termasuk tadi pertanyaan kepala daerah apakah diundang? Kepala daerah kita undang yang berasal dari internal kader Partai Nasdem pada kegiatan tersebut," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya