Elektabilitas Melonjak, Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies dalam Semua Simulasi Capres 2024

Bakal Capres 2024, Prabowo, Ganjar, dan Anies (Foto/VIVA.co.id)
Sumber :
  • vstory

Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memiliki elektabilitas yang moncer sebagai bakal capres 2024 merujuk hasil sejumlah lembaga survei. Salah satunya temuan terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI), elektabilitas Menteri Pertahanan itu berhasil menempati posisi teratas

Survei: ASR Bakal Cagub Sultra dengan ELektabilitas Tertinggi, Pemilih Lihat Kemampuan

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan menjelaskan, tren dukungan terhadap Prabowo terus meningkat secara konsisten sejak Januari 2023. Eks Danjen Kopassus itu sukses menjadi bakal capres unggulan di top of mind Pilpres versi LSI.

Dalam sesi top of mind, 20 persen responden akan memilih Prabowo jika Pilpres digelar saat survei berlangsung. Prabowo ditempel bakal capres lainnya Ganjar Pranowo dengan 19,9 persen.

Survei LPI: Mayoritas Publik Apresiasi Kinerja Kepala BIN

"Terjadi tren penguatan dukungan kepada Prabowo, secara konsisten sejak Januari 2023 sampai sekarang," kata Djayadi dalam paparannya dikutip pada Rabu, 12 Juli 2023.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat di KPU.

Photo :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra
Kata Anies Ditanya Bakal Maju Pilgub Jakarta atau Gabung Pemerintahan Prabowo

Dalam temuan LSI terkait simulasi 3 nama bacapres, Prabowo di urutan pertama dengan perolehan 35,8 persen. Lalu, disusul Ganjar dengan suara 32,2 persen.

Dengan pencapaian angka yang diraih Prabowo, ada peningkatan dari hasil survei LSI yang lalu dengan dapat suara sebanyak 30,3 persen.

Kemudian, dalam simulasi 2 nama bacapres, Prabowo mampu unggul jauh dengan meraih 50,9 persen. Sementara, bacapres Anies Baswedan hanya dapat suara sebanyak 27,9 persen.Begitu juga simulasi 2 nama bacapres antara Prabowo dengan Ganjar. Prabowo masih unggul dengan 48,1 persen. Lalu, Ganjar hanya dapat 38,1 persen.

Dari hasil tersebut, Djayadi menganalisa Prabowo berpotensi  akan unggul dalam dua putaran. Kata dia, Prabowo akan unggul dari kedua pesaing terberatnya yakni Ganjar dan Anies di Pilpres 2024.

"Kalau (Pilpres 2024) dua putaran, yang lebih banyak unggul ada Prabowo Subianto diikuti dengan Ganjar. Anies sementara menjadi pihak yang lebih banyak tertinggal dibanding dua nama tersebut," ujar Djayadi.

Survei terbaru LSI digelar dalam kurun waktu 1-8 Juli 2023. Sebanyak 1.242 responden dilibatkan dalam survei. Adapun margin of error dalam survei berada di angka sekitar 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya