Anies Kritik Ketimpangan RI, Gerindra: Luar Jawa Sudah Diimplementasikan Maksimal Jokowi

Bakal Capres Anies Baswedan di Rakernas APEKSI di Makassar 2023
Sumber :
  • Kominfo Makassar

Jakarta - Elite Partai Gerindra melalui Wakil Ketua Umum DPP Habiburokhman menepis pernyataan bakal capres dari Koalisi Perubahan dan Persatuan Anies Baswedan terkait masih terjadi ketimpangan di wilayah Indonesia.

Fadli Zon Minta PBB Buat Peringatan Tragedi Genosida di Palestina

Menurut dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah bekerja secara optimal untuk pemerataan pembangunan di Tanah Air.

"Apa yang menjadi gagasan Pak Anies soal keseimbangan pembangunan Jawa-luar Jawa sudah diimplementasikan Pak Jokowi maksimal," kata Habiburokhman kepada wartawan, Jumat, 14 Juli 2023.

Istana Sebut Presiden Jokowi Tidak Dalam Posisi untuk Menanggapi Pidato Megawati

Habiburokhman lantas memuji pembangunan yang digagas pemerintahan PJokowi sudah merata dan tak bersifat Jawa sentris.

"Saya asal Sumatera merasakan betul manfaat dibangunnya Jalan Batu yang memangkas waktu perjalanan darat secara signifikan. Begitu juga di kawasan Timur seperti di Sulawesi, Kalimantan dan Papua. Pembangunannya luar biasa, saya lihat sendiri saat saya kunker ke sana," jelas Habiburokhman.

Ganjar Yakin Pernyataan Megawati soal Kader Goyang-goyang Bukan Ditujukan ke Jokowi

Bakal Capres Anies Baswedan di Rakernas APEKSI di Makassar 2023

Photo :
  • Kominfo Makassar

Selain itu, kata dia, keputusan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara juga bukti konkret seriusnya Jokowi terhadap persoalan ketimpangan.

"Keputusan pemindahan Ibu Kota adalah contoh konkret bagaimana seriusnya pemerintah mendorong pemerataan pembangunan antarwilayah," kata Habiburokhman.

Maka itu, kata dia, ide dan gagasan Anies soal pembangunan Jawa hingga luar Jawa bukan hal yang baru. Gagasan itu, kata dia, sudah diimplementasikan oleh Jokowi.

Dia menambahkan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bila terpilih menjadi Presiden di Pilpres 2024 juga berkomitmen meneruskan program tersebut.

"Sekarang sudah jauh lebih baik, ya beliau (Prabowo Subianto) akan terus lanjutkan semua legacy Pak Jokowi, terutama soal pemerataan ini," imbuhnya.

Sebelumnya, Anies memperlihatkan foto yang menunjukkan ketimpangan pasokan aliran listrik yang terjadi di wilayah Indonesia.

Foto itu dia perlihatkan saat menjadi narasumber dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Se-Indonesia (APEKSI) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis kemarin.

Anies menyebut, dari 5 pulau besar yang ada di Indonesia, hanya Jawa yang telah mendapatkan aliran listrik secara baik.

"Ini potret Indonesia di malam hari. Ini adalah potret kota-kota Indonesia. Nah, ketika lihat kota di Indonesia, inilah wajah ketimpangan yang ada," kata Anies.

Dia menyebut wilayah Jawa seperti Jakarta, Surabaya sudah terang.

"Lampu ini menggambarkan kota di Indonesia. Ketika kita lihat kota-kota ini, di Jawa paling terang itu Jakarta, Surabaya. Begitu masuk Sumatera, titik-titik kecil," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya