Media Asing Soroti Langkah Politik Jokowi yang Pasang Budi Arie Jadi Menkominfo

Presiden Jokowi usai melantik Menkominfo Budi Arie di Istana Negara, Jakarta
Sumber :
  • Setpres

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), resmi melantik seorang loyalis pendukungnya, Budi Arie Setiadi menjadi Menteri Komunikasi dan Informasi atau Menkominfo RI yang baru. Budi Arie merupakan Ketua Umum relawan Pro Jokowi (Projo).

Soal Usulan Jokowi Jadi Penasihat Prabowo, Pengamat Bilang Begini

Langkah politik Jokowi pun disorot media asing. Salah satunya The Straits Times, yang berbasis di Singapura, Budi sebelumnya menjabat sebagai wakil menteri di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. 

Barisan Menteri dan Wakil Menteri Baru Jokowi

Photo :
  • VIVA
UKT Naik Dinilai Ancam Generasi Emas Indonesia, Jokowi Diminta Turun Tangan

"Dia mengepalai Projo, sebuah organisasi relawan yang telah mendukung Jokowi sejak 2014. Dia menggantikan mantan Menteri Komunikasi Johnny G. Plate, yang diadili karena korupsi," tulis The Straits Times.

Dalam laporannya, The Straits Times menulis pesan Jokowi untuk Budi Arie. Jokowi ingin dugaan kasus korupsi malah jadi penghalang untuk membangun base transceiver station atau BTS atau menara yang menghubungkan perangkat seluler dengan jaringan internet) di seluruh Indonesia.

Sri Mulyani Menghadap Jokowi Bahas Kasus Viral Bea Cukai

"Karena ini adalah pelayanan publik, terutama bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah perbatasan dan tertinggal daerah,” jelas Jokowi usai melantik Budi Arie di Istana Negara Jakarta, Senin pagi. 

The Straits Times juga menulis reshuffle atau perombakan kabinet juga mencakup penunjukan beberapa wakil menteri. Langkah Jokowi dinilai sebagai upaya menempatkan para pendukungnya dalam pemerintahan sebelum pemilihan umum pada bulan Februari. 

Pun, status Jokowi yang sudah dua kali maju jadi capres  juga disinggung The Straits Times. Sesuai aturan konstitusi, masa jabatan Presiden RI maksimal dua periode. Masa jabatan Jokowi akan berakhir pada Oktober 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya