Soal Sibuk Urus Politik di Hari Kerja, Ganjar: Saya Cukup Tahu Aturan

Bakal capres PDIP Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengaku persoalan politik saat bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto pada Senin, 17 Juli 2023. Tak hanya itu, Ganjar juga menghadiri acara pelatihan juru kampanye (Jurkam) di kawasan Jakarta Pusat pada hari yang sama.

Nasib Program Kartu Prakerja di Era Prabowo-Gibran

Hal tersebut tak sesuai dengan janji PDI Perjuangan yang menyatakan kegiatan politik Ganjar hanya akan dilakukan tiap akhir pekan. Sementara itu, saat hari kerja Ganjar akan fokus menjalankan tugasnya sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Menanggapi hal tersebut, Ganjar menegaskan pertemuannya dengan Airlangga hanya sebatas Gubernur. Selebihnya, dia mengaku sudah meminta izin kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Soal Wacana Penambahan Jumlah Kementerian, Pakar: Itu Hak Prerogatif Presiden

Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

"Ya tadi saya rapat dengan Menko (Perekonomian) setengah hari. Setengah harinya saya sudah siapkan izin dan sudah saya kirim ke Mendagri. Jadi saya cukup tahu aturan," ujar Ganjar kepada wartawan di Jakarta, Senin, 17 Juli 2023.

Prabowo Yakin Ekonomi Indonesia Mampu Tumbuh 8% 2-3 Tahun ke Depan

Ganjar Pranowo sebelumnya mengaku yakin, bahwa dirinya tidak akan terlibat dalam conflict of interest selama diusung sebagai calon presiden (capres).

Pasalnya, saat ini Ganjar tengah menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah hingga akhir 2023. Ia mengaku memiliki cara tersendiri untuk menghindari conflict of interest.

"Membaginya tidak terlalu sulit karena saya tahu diri masih menjadi pejabat. Maka menghindari conflict of interest saya pergi keluar Jawa Tengah pada saat hari libur," kata Ganjar kepada wartawan di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Juni 2023.

Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa

Photo :
  • Istimewa

Ganjar menegaskan kegiatan safari politiknya juga tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). "Kami tidak menggunakan anggaran dari APBD," pungkasnya.

Di sisi lain, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto juga menyebut Ganjar Pranowo akan memanfaatkan akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu untuk melakukan sosialisasi sebagai bakal calon presiden (bacapres).

Menurutnya, Ganjar akan taat aturan dengan mempertimbangkan statusnya masih sebagai Gubernur Jawa Tengah.

"Perlu dipahami, kami ini kan taat asas, Pak Ganjar ini masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Sehingga beliau membuat banyak legacy di Jawa Tengah, hanya saja kalau hari Sabtu Minggu itu kan menjalankan aktivitas sebagai calon presiden yang telah ditetapkan oleh PDIP," ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 27 April 2023.

Dia mengungkapkan, Ganjar akan memanfaatkan waktu akhir pekan untuk bertemu dengan rakyat. Ia mengatakan, memang rakyat harus dilibatkan dalam segala hal.

"Komunikasi ini harus dengan rakyat, sehingga rakyat dilibatkan, partai lah yang kemudian membangun komunikasi dengan partai, Pak Ganjar komunikasi langsung dengan rakyat sehingga rakyat dilibatkan dalam seluruh tahapan pemilu ini," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya