Bertemu Surya Paloh di Istana, Jokowi Sempat Kepo Cawapres Anies

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Jakarta  – Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan bahwa dalam pertemuan di Istana Negara, Senin kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menanyakan kepadanya siapa sosok bakal cawapres yang mendampingi Anies Baswedan. 

Top Trending: Sosok ini Bikin Indonesia Berjaya Menurut Ramalan Jayabaya, 20% Istri Mau Ganti Suami

“Pak Jokowi juga tanya, ‘siapa ni wakil presidennya ni’. (Saya jawab) Wah saya belum mikirin itu, yang saya tau Pak Anies itu. Saya bilang saya belum memahami, Pak Anies yang palih tahu,” kata Surya Paloh saat ditanyai awak media, Selasa, 18 Juli 2023. 

Surya Paloh mengaku pada pertemuan kemarin, dirinyadan Presiden Jokowi bicara dalam suasana hangat. Dia menepis ada kerenggangan pasca Presiden Jokowi mengurangi jatah Nasdem di Kabinet dengan menreshuffle Johnny G Plate dan mengangkat Budi Arie sebagai Menkominfo. 

Sudaryono Mulai Merangkak ke Posisi Atas Survei Pilgub Jateng

Paloh sendiri mengaku tak pernah menawarkan agar Jokowi bertemu Anies Baswedan. Kendati begitu, kemungkinan pertemuan keduanya bisa saja terjadi.  “Saya tidak menawarkan (pertemuan). Tapi probability arah itu bisa saja. Kemungkinan kan bisa saja ya,” kata Paloh. 

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Maju Pilkada, Sekda Depok Supian Suri Izin ke Wali Kota, Akan Ajukan Cuti

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh di Istana Negara, Senin, 17 Juli 2023 sore. Pertemuan digelar setelah Jokowi melantik Ketua Umum Pro Jokowi (Projo) Budi Arie sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). 

Terkait dengan pertemuan itu, Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya mengatakan pertemuan antara Jokowi dan Surya Paloh merupakan temu kangen adik kakak. 

"Ah, temu kangen abang adik saja, sudah saling kangen terus ketemu gitu. Apalagi Pak Surya ulang tahun kan, Pak Jokowi mengucapkan happy birthday ke abangnya lah," kata Willy kepada wartawan, Selasa, 18 Juli 2023. 

Dalam pertemuan itu, Jokowi juga memuji acara apel siaga perubahan yang digelar Nasdem pada Minggu, 16 Juli 2023. 

"Ya ngobrol, ‘luar biasa acara Nasdem bang, abang ulang tahun’ kan GBK meledak, meletup tentu ini menjadi suatu turning point bagi perpolitikan Indonesia. Bagaiamana pesan Pak Surya kepada kita semua, kita berkontestasi dalam suasana riang gembira dan harus menjaga stabilitas nasional," ujarnya. 

Willy membantah pertemuan antara Jokowi dan Surya Paloh berkaitan dengan reshuffle menteri. Ia mengatakan, pertemuan dua tokoh itu sebagai satu hal positif yang dapat berimbas pada kondisi politik di Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya